Connect with us

Berkreasi Foto dengan Anak di Hari Libur

Cerita Foto

Berkreasi Foto dengan Anak di Hari Libur

Foto: harjasaputra

Banyak cara untuk mengisi liburan atau waktu luang dengan keluarga. Bukan hanya jalan-jalan ke mal, tempat wisata, atau aktivitas lain yang menguras dompet. Berkreasi bersama anak dengan kamera bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Anak saya yang laki-laki kebetulan sama gokilnya dengan bapaknya, hobi moto dan difoto. Masih kecil umurnya, baru 6 tahun, tapi kalau masalah difoto sudah banyak mode. Dari yang pose biasa, dengan properti mainan, atau dengan konsep-konsep tertentu seperti flying, levitasi, dan lainnya. Moto pun dengan kamera HP sudah mahir, namun untuk kamera DSLR karena terlalu berat belum diizinkan.

Untuk berkreasi foto dengan anak agar lebih unik, mungkin tips berikut bisa digunakan:

1. Konsep foto

Di saat anak saya nonton acara di televisi yang ada laporan mengenai foto planking (foto dengan pose menelungkup seolah mati), ia langsung bilang, “Pak, foto kayak gitu dong..”. Maka konsep fotonya yaitu planking. Hasilnya sebagai berikut (foto 1):

Foto dengan konsep lebih mengasyikkan karena  anak senang, berusaha ekspresif, dan juga unik. Cobalah tentukan konsep apa saja, apakah itu foto planking, foto dengan perspektif ekstrem, ekspresi, perang, atau lainnya.

Foto di bawah ini adalah foto dengan konsep flying, anak loncat dari tempat tinggi (kursi sofa) dan dibidik dari bawah sehingga diperoleh kesan melayang tinggi (foto 2).

Foto levitasi di bawah ini mungkin bisa dicoba. Selain melatih ekspresi, juga melatih gerak anak, dan diperlukan semacam skill drama. Levitasi berbeda dengan loncat biasa, levitasi ekspresi lebih datar dan natural, melayang sambil melakukan suatu aktivitas (foto 3 dan 4).

 2. Gunakan properti

Properti untuk foto berkonsep disesuaikan dengan konsepnya. Bisa menggunakan apa saja yang ada di rumah. Foto di bawah ini adalah konsep perang dengan properti senapan mainan (foto 5).

Foto di bawah ini pun menggunakan properti, yaitu hewan kesayangan anak saya: marmut (foto 6).

3. Setelan Kamera

Kamera dengan setting yang sesuai diperlukan. Bisa juga dengan mode auto atau aperture priority, editing hasil gambar nanti melalui software seperti penyesuaian warna, cropping, atau lainnya. Untuk konsep melayang dan levitasi diperlukan setting kamera dengan kecepatan tinggi (high speed) atau menggunakan mode burst (continous shoot). Bagi yang menggunakan kamera HP atau poket pun dapat berkreasi tanpa hambatan alat. Yang terpenting adalah konsep (foto 7).

Selamat mencoba..dan selamat berakhir pekan.**[harja saputra]

Image Gallery:

{gallery}kreasifoto{/gallery}
 

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

KOMENTAR

To Top