Connect with us

Eksperimen Berfoto Kamehame

Cerita Foto

Eksperimen Berfoto Kamehame

Kamehame (harjasaputra)

Di dunia fotografi, dulu ada demam pose Levitasi, yaitu posisi melayang di udara sambil melakukan aktivitas normal. Levitasi berbeda dengan jump shot, karena ekspresi dari levitasi bersifat datar. Kini, muncul lagi demam gaya baru, yaitu “Makankosappo” dan “Kamehameha” atau disingkat Kamehame. Yaitu pose berfoto melayang di udara dengan menirukan gaya pertempuran di dunia komik Dragon Ball.

Makankosappo adalah pose di mana seseorang dapat menghempaskan lawan-lawannya hingga melayang ke udara. Makankosappo umumnya dilakukan oleh banyak orang. Adapun Kamehame hampir sama, namun bisa dilakukan oleh dua orang. Seseorang berperan sebagai penyerang dan seorang lagi berperan sebagai orang sakti dengan posisi mendorongkan tangan ke arah lawan hingga lawannya melayang ke udara.

Gaya yang unik dan menarik untuk dipraktekkan. Nah, sambil mengisi liburan bersama anak-anak kemarin (Sabtu, 10/5/2013), saya mencoba untuk berlibur sambil berkreasi foto gaya Kamehame. Si kecil berperan sebagai orang sakti yang menghempaskan dan kakaknya berperan sebagai lawannya. Foto di atas adalah salah satu hasilnya.

Butuh beberapa kali pengambilan frame foto untuk menghasilkan satu foto yang dianggap bagus. Ini sudah biasa dalam pengambilan foto. Harus ada sedikit pengorbanan untuk sedikit bersusah payah dalam berfoto.

Untuk menghasilkan foto Kamehame tak berbeda tekniknya dengan foto Levitasi atau Jump Shot. Kamera diset pada mode “Burst” (foto menghasilkan beberapa frame dalam satu jepretan). Kemudian dipilih foto mana yang cocok. Untuk membekukan obyek, penggunaan flash mutlak diperlukan. Namun bisa juga flash tidak digunakan tergantung dari hasil foto yang diinginkan. Bahkan bisa menggunakan speed yang agak lambat agar diperoleh efek movement.

Setelah memperoleh gambar yang dihasilkan di atas, kemudian pindah lokasi pengambilan gambar. Hasil foto pertama di atas kemudian diberikan sentuhan sedikit (olah digital), biar memberikan kesan yang berbeda, yaitu menambahkan efek api atau cahaya kilat.

Untuk makankosappo dengan membuat foto yang menampilkan banyak orang terhempas masih mencari momen yang tepat. So, silahkan dicoba..!**[harjasaputra]

Galeri Foto

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: me@harjasaputra.com

KOMENTAR

To Top