Connect with us

IPTEK

Hoax Status BBM Afriyani Sebelum Insiden Tugu Tani

Published

on

Status BBM Afriyani? (sumber: @fennysyach)

Masih dalam kehebohan “Xenia Maut” yang melejitkan nama Afriyani Susanti. Di twitter ia dikenal dengan nama Afreeyani Prawiro (@SiNengApril) dan di FB dikenal dengan Afreeyani Prawirosoendjoyo (FB-nya sekarang tidak dapat diakses lagi..hmmmm…pelaku aktif menghilangkan jejak rupanya).

Dari semalam sampai pagi ini beredar lagi gambar yang menampilkan personal message BBM (Blackberry Messenger) pelaku, bahkan gambar itu menjadi berita yang ditampilkan di media online terkemuka (salah satunya di link ini).

Personal Message BBM itu berbunyi: “Gila nih shabu2, gw ngefelay ampe sekarang. Berasa habis nabrak“. Lalu, sebagaimana tampilan di BBM ada statusnya yang berbunyi: “Gw lagi sibuk, BANGSAT!!!“

Lagi-lagi, penasaran untuk membuktikan apakah ini betul status Afriyani ataukah bukan? Karena di dunia maya, dalam setiap peristiwa besar selalu ada saja penambahan informasi, baik dengan motif meningkatkan klik atau juga motif lain, biasalah namanya juga manusia. Namun, jika memang benar status BBM itu asli milik Afriyani, mari kita kutuk bersama-sama. Mari kita lihat!

1. PIN pelaku tertulis: 214F7B7F (silahkan di-add oleh semua orang, kalau betul, bisa membuat pelaku stress tuh..). Tapi terus terang, saya meragukan keaslian PIN ini, begitu juga status BBM di atas. Kenapa? Karena Blackberry dengan PIN kepala 21 umumnya untuk BB type lama, yaitu untuk type BB curve 8310/8320. Saya bisa mengetahui BB yang Anda miliki dari mengenali awal digit PIN-nya. Jika awalnya 27 maka BB itu adalah BB Onyx2, jika awalnya 26 maka BB Gemini, jika awalnya 28 maka BB Dakota, dan sebagainya.

Pertanyaannya: mungkinkah sosialita sekelas Afriyani, kerja di salah satu Production House, anak gaul, menggunakan BB type lama? Saya rasa tidak mungkin.

2. Bukti lainnya, perhatikan foto di bawah ini, yang saya ambil dari FB-nya sebelum dibekukan (entah oleh siapa dibekukan):

Afriyani sedang berfoto dgn temannya (FB)

 

Dari foto di atas, Afriyani terlihat sedang berfoto dengan temannya menggunakan HP. Hasil foto dari kamera HP tersebut dari hasil analisis saya memiliki resolusi tinggi, besar kemungkinan diambil dengan kamera HP yang memiliki resolusi 3.2 MP atau 5 MP. Sementara BB Curve 8310/8320 resolusi kameranya tidak mencapai angka tersebut. Oh bisa saja dia menggunakan HP lain bukan dengan BB-nya. Perlu diketahui, di FB Afriyani banyak sekali foto-foto yang ia upload, bahkan masalah makanan ada album khusus yang diberi nama “Foodism”, dan itu diupload melalui BB. Artinya, ia selalu mengupload foto-foto ke FB melalui BB-nya. Jadi, foto ini pun diambil melalui BB lalu diupload ke FB.

3. Dari pencantuman nama agak aneh. Afriyani selalu mencantumkan nama belakangnya bukan dengan “Susanti” tetapi dengan nama keluarganya: Prawiro. Dan ejaannya juga bukan “Afriyani” tapi “Afreeyani”. Kok saya melihatnya status BBM itu mencocokkan dengan berita-berita yang beredar. Sementara secara perilaku pelaku tidak mengarah ke arah tersebut.

Alasan-alasan di atas menguatkan dugaan saya bahwa status BBM yang tersebar adalah “Palsu”.

Banyak kabar-kabar palsu terkait dengan peristiwa ini. Selain status BBM itu, juga masalah bahwa yang bersangkutan “memakai kerudung”. Perlu saya sampaikan, bahwa gambar yang di berita-berita munculkan yang seolah memakai kerudung adalah bukan kerudung. Melainkan selendang yang sengaja untuk menutupi kepalanya, atau jaket yang ada tutup kepalanya.

Terlepas dari itu semua, Afriyani harus diadili dan dihukum setimpal dengan perbuatannya, karena 9 nyawa manusia sudah melayang. 9 nyawa bukan angka sedikit, sekali tarik gas karena kelalaian melayanglah nyawa orang lain. Ini mengerikan. Bagi korban, kita berbela sungkawa sedalam-dalamnya, banyak asa mereka di masa depan yang terjegal hanya karena Afreeyani.**[harjasaputra]

————
Update (12:32): Analisis saya bahwa status BBM pelaku adalah HOAX terkonfirmasi. Sudah ada pengakuan di forum Kaskus atas nama Barry bahwa dialah pemilik PIN BB di atas dan iseng membuat BBM hoax itu.

Tulisan ini semula dimuat di Kompasiana dan menjadi HL (headline): http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2012/01/24/status-bbm-afriyani-sebelum-insiden-tugu-tani-benarkah/

Komentar

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]