1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Keluarga dengan Dua Tradisi Puasa Berbeda

Written by Harja Saputra 31 July 2013 Published in Sosbud

Di keluarga saya ada dua tradisi dalam berpuasa: tradisi Sunni dan tradisi Syiah. Tradisi sunni adalah yang umum dipraktekkan di Indonesia: sahur ada imsak, buka puasa disegerakan, sholat setelah berbuka, ada tarawih, dan sebagainya. Tradisi sunni ini dipraktekkan oleh ibu, dua adik, dan dua kakak saya.


Fotografer Plus Penulis Itu Istimewa

Written by Harja Saputra 31 July 2013 Published in Ekbis

Seminggu yang lalu (23/06), saya diajak oleh fotografer handal master dari group Kampret (Kompasianer Hobi Jepret), Om Widianto H. Didiet, untuk bertemu dengan salah seorang fotografer model profesional. Saya sendiri bukan fotografer profesional, hanya hobi jepret, mengabadikan momen lewat kamera hanya untuk mengisi waktu senggang pelipur stres.


Berjilbab atau Tidak, Silahkan Saja

Written by Harja Saputra 24 May 2013 Published in Sosbud

Perdebatan masalah berjilbab atau tidak kembali memanas. Hal yang wajar terjadi. Perbedaan pandangan itu biasa. Bagaimana sih sebenarnya mengenai masalah jilbab ini? Yang satu beropini wajib yang lainnya tidak. Saya bukan bermaksud mendamaikan karena bukan juru damai. Tapi mengklasifikasikan, jadi ketahuan nanti bahwa semuanya benar dalam konteksnya masing-masing.


Islam Membenarkan Aksi Teror?

Written by Harja Saputra 16 May 2013 Published in Filsafat

Jagat Kompasiana hari ini terbakar gara-gara komentar dari salah seorang Kompasianer (Palui namanya) di lapak Kompasianer yang lain yang membahas masalah jilbab. Entah dari mana ada komentar mengenai "Islam membolehkan aksi teror" dengan membawa hadits dari Bukhori. Bermunculanlah reaksi-reaksi keras karena sudah menyangkut penistaan terhadap sosok agung, Nabi Muhammad Saw.


Perbandingan Premium, Pertamax, Pertamax Plus, dan Shell V-Power

Written by Harja Saputra 16 May 2013 Published in IPTEK

Pada postingan sebelumnya, telah dilakukan uji coba tingkat kehematan konsumsi bahan bakar antara Premium dan Shell V-Power (linknya di sini). Berikut ini adalah hasil dari uji coba yang sudah saya tuliskan pada postingan sebelumnya. Saya tampilkan kembali untuk memudahkan perbandingan.

Diketahui bahwa Premium memiliki tingkat konsumsi bahan bakar dengan rasio 1:6 dan Shell V-Power 1:10.1 (dibulatkan menjadi 1:10). Artinya, konsumsi mobil sebanyak 1 liter premium dapat menempuh jarak sejauh 6 kilometer dan 10 kilometer jika menggunakan Shell V-Power. Variabel-variabel yang mempengaruhi selain bahan bakar, seperti kendaraan yang digunakan, rute, AC, dan gaya mengemudi dibuat konstan sehingga dapat diketahui perbandingannya secara lebih fair.


Membedah Kejanggalan Wawancara Vitalia Shesya

Written by Harja Saputra 08 May 2013 Published in Komunikasi

Penasaran seperti apa sih keterangan Vitalia Shesya, model seksi majalah dewasa yang mendadak tenar sejak dipanggil KPK karena dugaan terlibat dalam pusaran kasus yang melilit Ahmad Fathanah. Ini bukan bahasan politik saudara-saudara, hanya ingin melihat dan menganalisis dengan logika sehat: logis atau tidak keterangan yang diberikan oleh sang model itu. Persis seperti dulu saya iseng analisis mengenai keterangan Maharani Suciyono yang juga terlibat dalam kasus yang sama.


Benarkah Bahan Bakar Shell V-Power Lebih Efisien?

Written by Harja Saputra 30 April 2013 Published in Ekbis

 “The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing” (Einstein). Kata Einstein, yang terpenting jangan pernah berhenti untuk bertanya. Rasa ingin tahu (curiosity) adalah alasan utama kita ada.

Berangkat dari rasa ingin tahu saya terhadap bahan bakar baru yang diperkenalkan akhir-akhir ini oleh Shell sebagai produsen bahan bakar dunia, yaitu Shell V-Power. Bahan bakar ini dipercaya memiliki performa luar biasa, karena 99% memiliki bahan sama dengan bahan bakar yang digunakan untuk balapan oleh Ferrari di FIA Formula One World Championship 2013. Selain itu, dipercaya memiliki nilai keekonomisan (efisiensi) yang tinggi. Hal ini karena, umumnya dalam satu kali balapan Formula One hanya diperbolehkan mengisi bahan bakar 1 kali, sehingga bahan bakar yang digunakan harus yang memiliki tingkat efisiensi optimal.


Tidak Ada (Lagi) Partai Islam?

Written by Harja Saputra 28 April 2013 Published in Polhukam

Saat ini sangat susah untuk membedakan: mana partai nasionalis dan mana partai Islam (religius). Hal tersebut dikemukakan oleh Saleh Daulay, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, dalam obrolan akrab dengan saya satu bulan ke belakang, di pertengahan Maret 2013 . Kebetulan saya mengenalnya sangat dekat, yaitu sebagai dosen saya (karena ternyata tak ada istilah “mantan dosen”) dan sebagai tokoh intelektual yang sangat terbuka.


[Seri Cara Mudah Menjadi Anggota Dewan] Legislator 3.0

Written by Harja Saputra 25 April 2013 Published in Polhukam

Kasus I: Caleg dari parpol A untuk DPRD tingkat II di wilayah timur. Di Dapil yang ia pilih, banyak komunitas Hindu, meskipun dirinya sendiri Muslim. Persaingan untuk caleg DPRD tingkat II umumnya lebih tajam daripada untuk caleg provinsi dan pusat. Karena persaingan yang ketat tersebut, ia berani untuk menjanjikan “sesuatu” yang di luar kebiasaan. Ia menjanjikan: jika dirinya terpilih akan memberikan sejumlah anak babi bagi warga Hindu untuk diternak. Trik untuk menarik potensial voters. Terpilihlah dia karena ada janji itu. Setelah terpilih ia ditagih janjinya. Mulailah susah ditemui, alasan berbagai macam dikemukakan ketika ditagih janji. Tapi janji sudah kadung diumbar. Hingga ramai diperbincangkan sekampung. Akhirnya ia menepati janji tersebut, dan ia menyandang gelar baru: “Haji Anak Babi”. Ini kenyataan.