1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
Web Design Modified:Tuesday 09 April 2013, 12:10

Blundernya Pernyataan Maharani Suciyono

Written by Harja Saputra 07 February 2013 Published in Polhukam

Melihat tayangan pemberitaan di media televisi dan membaca kronologi pertemuan Maharani (mahasiswi sebuah PTS di Jakarta) dengan Ahmad Fathonah (tersangka kasus suap impor daging yang ditangkap KPK di hotel Le Meridien) dari keterangan Maharani melalui konferensi persnya telah mengikis simpati saya pada Maharani.


Kecelakaan Dahlan Iskan Karena Ruwatan?

Written by Harja Saputra 13 January 2013 Published in Polhukam

Sudah beberapa tulisan di Kompasiana saya baca dan banyak komentar di media online menanggapi peristiwa itu dengan nadanya yang hampir sama: kecelakaan yang dialami Dahlan Iskan dengan Ferrari bertenaga listriknya karena ruwatan. Arahnya kesitu. Pesannya hendak mengatakan: bahwa karena ruwatan menyalahi ajaran agama, Allah memberikan teguran dengan insiden itu.


Islam Indonesia Harus Dimurnikan Kembali? Think Again..

Written by Harja Saputra 26 December 2012 Published in Filsafat

Menarik untuk mengutip pendapat Masdar Hilmy, dosen Pascasarjana IAIN  Sunan Ampel, yang dipublikasi di Harian Kompas (24/11/2012). Satu gagasan yang realistis dan kritis disertai pemetaan umat Islam Indonesia dihadapkan dengan pusat kelahiran Islam, yaitu di Jazirah Arab. Ia mengistilahkannya dengan Islam Pusat vs Islam Pinggiran: Islam pusat adalah jazirah Arab (dalam hal ini sering diidentikkan dengan Saudi Arabia) dan Islam Indonesia adalah Islam pinggiran.


Gesture (Sikap Tubuh) dalam Beberapa Budaya

Written by Harja Saputra 25 December 2012 Published in Komunikasi

 Gesture (sikap yang ditunjukkan oleh gerakan anggota tubuh) merupakan salah satu unsur dari komunikasi non-verbal. Gesture bersifat alamiah, lebih murni, dan orang bisa mengetahui apa yang disampaikan jika komunikasi verbal diikuti oleh bahasa non-verbal melalui bahasa tubuh.

Berikut ini adalah contoh dari gerakan non-verbal berupa gesture yang memiliki arti yang sama dan berbeda di beberapa negara (Adelman: 1993):


Cara Hilangkan Malware Widdit dan Installhit

Written by Harja Saputra 01 December 2012 Published in IPTEK

Setelah sekian lama heran dengan kinerja browser Firefox dan Chrome yang mendadak menjadi sangat lambat, kini saya tahu apa sebabnya. Ternyata ada malware yang menyusup pada plugins browser tersebut. Dalam posting ini akan di-share bagaimana menghilangkan malware yang menyerang pada browser Anda, terutama malware widdit dan installhit.


Alasan Poligami: Wanita Lebih Banyak dari Pria, Benarkah?

Written by Harja Saputra 30 November 2012 Published in Sosbud

Pagi ini saya tertarik pada postingan salah satu Kompasianer baru berjudul: “Mengungkap Fakta di Balik Poligami“. Lalu sejam kemudian menulis lagi dengan judul: “Diskusi Terbuka Bersama Soal Poligami“. Hanya ada dua postingan di lapaknya, semuanya tentang poligami. Wah saya pikir, ini judulnya diskusi, maka saya komentar di tulisannya yang kedua.


"Tawuran" Politik Dahlan Vs DPR

Written by Harja Saputra 31 October 2012 Published in Polhukam

“Tawuran politik ” mungkin kata itu yang cocok untuk menggambarkan perseteruan antara Dahlan Iskan (DI) dengan DPR saat ini. Kenapa disebut tawuran? Karena DI tidak sendirian menyerang DPR, dibantu oleh kroninya, di antaranya yang paling vokal adalah Ismed Hasan Putro, Dirut RNI.


DPR Berlakukan Absen Sidik Jari, Tapi…

Written by Harja Saputra 13 October 2012 Published in Polhukam

Ada yang berbeda pada rapat paripurna di DPR-RI pada hari Selasa (02/10/2012). Kursi yang biasanya lengang kini terisi penuh. Pasalnya, hari ini sekjen DPR-RI resmi memberlakukan absen sidik jari untuk kehadiran di rapat paripurna.


Pilkada DKI Jakarta Dalam Lensa

Written by Harja Saputra 23 September 2012 Published in Polhukam

Pilkada DKI Jakarta 2012 memiliki nilai beda dibanding dengan pilkada di daerah lain dan pada waktu sebelumnya. Beda dengan daerah lain karena Jakarta sebagai ibukota Indonesia, menjadi barometer tersendiri bagi peta perpolitikan di tanah air. Berbeda dengan waktu sebelumnya karena fenomena Jokowi yang menggetarkan jagat perpolitikan.