1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
Web Design Modified:Tuesday 09 April 2013, 12:10

Prediksi Penaikan Harga BBM: Ditunda!

Written by Harja Saputra 29 March 2012 Published in Polhukam

Isu penaikan harga BBM kian memanas. Memacu berbagai protes di banyak wilayah. Bahkan, di pusat kota Jakarta sudah terjadi kerusuhan, dan tidak menutup kemungkinan akan lebih meluas. Apakah rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM akan jadi atau batal?


Stop Broadcast BBM, Read Books!

Written by Harja Saputra 22 March 2012 Published in IPTEK

Kemajuan di bidang telekomunikasi menciptakan berbagai macam gadget dengan berbagai keunggulan. Gadget dengan berbagai fitur diluncurkan. Begitu juga dengan aplikasi yang support terhadap hardware yang ditanam pada gadget sangat marak. Fitur video, voice dan image yang sangat menyita bandwidth makin digemari. Hal ini menyebabkan para operator seluler harus berusaha keras untuk memenuhi selera pasar meskipun dengan harga yang sangat mahal. Karena inilah tuntutan dari perkembangan teknologi. Tapi rupanya perbandingannya sangat jauh. Teknologi hardware dan software gadget meningkat tidak dibarengi dengan peningkatan infrastruktur. Akibatnya blankspot sering terjadi. Hal ini salah satunya disebabkan melubernya frekuensi penggunaan di pita lebar, terutama di kanal data (internet, streaming, dan sebagainya).


Wah, Blackberry Dapat Digunakan Bantu Bersih-bersih Diri di Toilet

Written by Harja Saputra 18 March 2012 Published in IPTEK

Jika Anda sering ke mall-mall besar atau hotel-hotel mewah akan banyak menjumpai toilet dengan sistem sensor inframerah. Istilahnya “urinal toilet automatic flusher infrared” (kita singkat saja jadi toilet infrared). Bagi yang tidak biasa, seperti saya yang wong ndeso, tentu akan bingung bagaimana caranya agar setelah “buang air mungil” air keluar. Tak ada tombol apapun seperti yang ada pada toilet biasa (manual). Hanya ada kaca kecil hitam yang berisi sensor. Digosok dengan jari tetap tidak keluar air. Sering saya jumpai banyak orang menggosok-gosok jarinya ke situ. Dipikir mungkin sama dengan absen fingerprint.


Kontribusi Henry Fayol pada Ilmu Administrasi dan Manajemen

Written by Harja Saputra 16 March 2012 Published in Ekbis

Henry Fayol masih tidak dikenal selain warga Perancis selama hampir seperempat abad setelah dia meninggal. Pada tahun 1950, bukunya: General and Industrial Management diterbitkan, dan dia menjadi lebih dikenal secara luas dari karyanya mengenai Manajemen Administratif. Sekarah Fayol sering diidentikkan sebagai bapak pendiri sekolah-sekolah administrasi.


Google Adsense Melanggar SARA

Written by Harja Saputra 15 March 2012 Published in IPTEK

Google Adsense sebagai penyedia iklan berbasis PPC (Pay Per Click) saat ini banyak diimplementasikan di banyak web dan blog, menyusul kebijakan dari Google yang telah mendukung bahasa Indonesia. Namun ada yang janggal dengan beberapa iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense. Bahkan bukan hanya janggal, tapi sudah melanggar SARA. Sementara dalam panduan iklan Google Adsense sendiri, SARA sangat dilarang. Mari kita lihat.


Sejarah Pergerakan Syi'ah Iran

Written by Harja Saputra 15 March 2012 Published in Polhukam

Sejarah pergerakan Syi’ah Iran dapat ditelusuri sejak munculnya kerajaan Safawi yang meletakkan agama sebagai salah satu pilarnya pada abad ke-16. Dapat juga ditelusuri dari menangnya doktrin ijtihad yang dibawa oleh kelompok Ushuli pada saat berhadapan dengan kelompok Akhbari yang lebih menekankan tekstual, yaitu mengikuti apa yang nyata ada pada Qur’an, Sunah Nabi dan Sunah Imam, daripada ijtihad.


How to Insert Google Adsense into K2 Articles

Written by Harja Saputra 13 March 2012 Published in IPTEK

K2 is the popular powerful content component for Joomla. Awarded "best component" for 2010 at J and Beyond, the international Joomla! conference. The problem is, and it is the situation might be felt for many K2 users, how to insert Google Adsense into K2 articles/items. Don't worry I've found the simple way about it.


Genichi Taguchi: Hidup dan Karyanya

Written by Harja Saputra 12 March 2012 Published in IPTEK

Taguchi terkenal karena kepionirannya dalam metode modern pengendalian kualitas (quality control) dan teknik kualitas dengan biaya rendah. Dia adalah penemu apa yang kemudian dikenal dengan metode Taguchi, yang meneliti bagaimana meningkatkan kualitas produk dengan rancangan melalui integrasi pengendalian kualitas ke dalam desain produk, menggunakan eksperimen dan analisis statistik.


Sumpah Monas Anas: Perspektif Tabu Bahasa

Written by Harja Saputra 12 March 2012 Published in Sosbud

“Sumpah Monas Anas” ramai diperbincangkan, baik di jagat twitter maupun di berbagai media lain. Hal ini menyusul statemen tegasnya Anas Urbaningrum, Ketum PD, di twitter bahwa “Kalau saya korupsi wisma atlit dan hambalang, satu rupiahpun, saya bersedia ditembak mati atau digantung di Monas”.