1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Dahlan Iskan Mendikte Pertamina?

Written by Harja Saputra 12 May 2012 Published in Ekbis

Saya sedikit tertegun membaca prolog topik pilihan “Pertamina Didikte?” dari Admin Kompasiana sebagai berikut: “Dahlan Iskan mengkritik kebijakan Pertamina tentang pembelian minyak, Selasa (8/5/2012). Menurut Dahlan, BUMN ini seharusnya bisa memperoleh minyak langsung dari sumbernya atau sekaligus mengakuisisi kilang, bukan lewat pedagang. Sebuah pertanyaan klise muncul, adakah cengkeraman kepentingan kelompok yang mendikte kebijakan Pertamina?


FPI Vs. JIL: Basi Ah..!

Written by Harja Saputra 06 May 2012 Published in Filsafat

Bentrok pemikiran sengit antara pemikiran “kiri” dan “kanan” itu hal biasa. Dari dulu sampai saat ini sudah banyak terjadi. “Kiri” yang dimaksud adalah pemikiran yang cenderung konservatif dan “kanan” yang cenderung terlalu “modern”. Bukan maksud mengatakan pemikiran “kanan” lebih baik dari yang “kiri”. Sebagaimana perkataan Hassan Hanafi dalam buku “Al-Yasar al-Islam” (Islam Kiri) bahwa kiri yang dimaksud bukan dimaksudkan berlawanan dengan kanan.


Menulislah Sebelum Kau Dituliskan..

Written by Harja Saputra 19 April 2012 Published in Komunikasi

Orang zaman dulu, menurut hasil penelitian para pakar ilmu linguistik (kebahasaan), punya tradisi tidak mau memberikan namanya pada sembarang orang. Karena penyebutan nama dianggap akan mengundang bahaya keselamatan nyawanya. Ketika menyebut nama maka akan didengar oleh roh jahat. Ini berlaku pada banyak suku seperti di suku Apache (salah satu suku Indian Amerika), suku Nufoor (Papua Nugini), pada orang Alfoor di Poso, Sulawesi,  dan pada orang Nias.


Apa dan Bagaimana Metode Perhitungan Kursi Kuota Murni?

Written by Harja Saputra 15 April 2012 Published in Polhukam

Sesuai dengan hasil Rapat Paripurna DPR yang telah memutuskan bahwa metode perhitungan kursi adalah menggunakan "Kuota Murni". Pada posting sebelumnya telah dibahas mengenai perbandingan antara cara perhitungan Kuota Murni vs Divisor Webster, pada posting ini akan fokus pada Kuota Murni. Hal ini karena mungkin masih banyak yang bingung: makhluk apakah Kuota Murni itu?


Analisis Perbandingan Perhitungan Kursi Metode Kuota Murni Vs. Divisor Webster

Written by Harja Saputra 13 April 2012 Published in Polhukam

Rapat Paripurna DPR yang membahas masalah RUU Pemilu berlangsung sangat alot, bahkan lebih alot daripada rapat paripurna yang membahas masalah BBM pada akhir Maret 2012 lalu. Bahas pemilu memakan waktu 2 hari (11-12 April 2012) sedangkan bahas BBM hanya sehari saja. Tidak hanya itu, bahkan sempat diwarnai beberapa kali skors, dan yang terpanjang skorsnya dari jam 16.00 sampai dengan tengah malam (pukul 00.30 WIB). Dilanjutkan lagi keesokan harinya.


Warnai Hidupmu!

Written by Harja Saputra 04 April 2012 Published in Filsafat

Semalam saya sempat dengerin obrolan di salah satu radio. Ada yang bagus dari obrolan itu. Saya mendapat satu pepatah yang layak kita cermati: "JIKA KAMU TIDAK BISA MEWARNAI ORANG LAIN DAN LINGKUNGANMU, MAKA WARNAILAH DIRIMU SENDIRI."


Let It Flow...!

Written by Harja Saputra 04 April 2012 Published in Filsafat

Semalam pas aq mau tidur, setel MP3, biasanya seh aq tipe orang yg bosenan, suka milih2 lagu yang aq sukai, saking bosenannya, selalu dipindah2 terus lagu2 itu..ga pernah sesuai dengan list yang ada. Belum selesai lagu yang ini, uuuh sudah terasa bosen, begitu terus. Nah semalam, ga tau kenapa, dibiarin aja itu lagu main sesuai dgn list yang ada...eh menikmati juga, malah sampai ketiduran..malah sampe ga tau aq punya lagu2 yang aq setel itu sebelumnya..


Filosofi Jalan Raya

Written by Harja Saputra 04 April 2012 Published in Filsafat

Jalan raya adalah cermin kehidupan manusia dan memiliki makna yang cukup tinggi. Di jalan raya, kita sering melihat mobil yang memiliki daya kecepatan tinggi, tapi seringkali juga mobil itu didahului oleh mobil atau motor yang hanya memiliki daya yang jauh di bawah mobil tersebut. Dari kenyataan itu kita dapat mengatakan, bahwa "Daya potensial itu tidak terlalu penting. Ia selalu kalah dengan daya aktual yang keluar dari setiap benda." Artinya, "Manusia itu tidak harus selalu jenius, yang penting memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya."**[harja saputra]


Kekuatan Pikiran dan Alam Bawah Sadar

Written by Harja Saputra 04 April 2012 Published in Filsafat

Dalam buku yang ditulis oleh Haidar Bagir tentang Happiness ada tertulis (dengan bahasa berbeda): "Coba letakkan sebuah kayu di lantai dan Anda diminta berjalan di atasnya. Anda pasti akan lancar melewati kayu itu..tapi coba kayu yang sama yang memiliki kekuatan dan lebar sama pula diletakkan di atas jurang..dan Anda diminta lewati kayu itu. Belum tentu Anda mulus melewatinya. Padahal kayu yang sama sudah terbukti bisa kita lalui dengan mudah." KRN APA? KRN PIKIRAN QTA MENDRAMATISIR ITU. Inilah kekuatan pikiran.