1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

[Sedot Pulsa] Konsumen Tolak SMS Iklan di HP Selamanya

Written by Harja Saputra 01 December 2011 Published in IPTEK

Isu tentang pencurian pulsa kembali mencuat sejalan dengan Pembentukan Panja Pencurian Pulsa dari Komisi I DPR-RI. Rencananya tanggal 1 Desember 2011 akan dilakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan Kemenkominfo dan BRTI terkait hal ini. Apa lagi yang akan dirapatkan? RDP itu sudah pernah dilakukan tanggal 10 Oktober 2011. Rapat ini yang diharapkan dapat menghasilkan kebijakan strategis tetapi hanya saling tuding satu sama lain. Berdasarkan ini maka lahirlah protes bersama dari Konsumen Ponsel Indonesia dalam bentuk Gerakan Matikan HP 15 Oktober 2011. Hanya lima hari setelah RDP diadakan. Kebetulan saya sebagai penggagas dan koordinator gerakan.


Bulan Suro, Untuk Berpesta Atau Berduka?

Written by Harja Saputra 30 November 2011 Published in Sosbud

Bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah dalam kalender Jawa disebut dengan Bulan Suro. Saat malam 1 Suro tiba, masyarakat Jawa umumnya melakukan ritual tirakatan, lek-lekan (tidak tidur semalam suntuk), dan tuguran (perenungan diri sambil berdoa). Bahkan sebagian orang memilih menyepi untuk bersemedi di tempat sakral.


HP Model Terkini Tapi Tak Punya Pulsa

Written by Harja Saputra 28 November 2011 Published in Sosbud

Punya HP baru dengan model terkini siapa yang tidak mau. Bila perlu, rela antri berdesakan untuk mendapatkan gadget idaman. Gaya hidup “update” ternyata bukan hanya di status, tetapi di medianya pun harus update. Ada model terbaru dikejar. Tapi ada yang ironis, HP keren model terbaru tak menjamin ada pulsanya. Mari kita bertanya satu pertanyaan yang boleh jadi simpel: “Sebetulnya yang penting itu handset atau pulsa?” Dua-duanya tentu penting. Masalahnya banyak orang, terutama para remaja, lebih mementingkan model handset daripada isi (pulsa)nya. Pulsa mungkin hanya 5000 atau paling top 10.000 diirit-irit biar bisa cukup 5 hari. Dibelilah Simcard yang banyak bonusnya. Tapi kalau urusan handset gadget jangan ditanya, selalu update dengan model terbaru.


Layanan Telkomsel Ngedrop 5 Jam, Ada Apa?

Written by Harja Saputra 28 November 2011 Published in IPTEK

Terjebak macet di jalan Gatot Subroto, Jumat (25 Nov 2011), pukul 17.16 WIB, setelah selesai meeting menuju ke suatu tempat untuk meeting lagi. Kerja saya dibayar memang hanya untuk meeting. Maksud hati mengontak orang yang akan ditemui, pertamanya nyambung tetapi di tengah percakapan langsung terputus. Tulalit..tulalit..pertanda hubungan sinyal terputus. Mencoba untuk menghubungi lagi tetapi tidak bisa. Masih tulalit saja bunyinya. Padahal sinyal penuh sampai luber. Mencoba kirim SMS tetapi pesan yang muncul: “Retries exceeded” dengan tanda silang, pertanda pesan tidak dapat dikirim. Penasaran, mungkin pulsa saya habis. Tapi perasaan baru diisi kemarin. Mencoba mengecek pulsa dengan kode *888# tapi tidak bisa muncul pesan saldo pulsa seperti biasanya. Cek saldo pun ternyata tidak bisa. Apa tindakan terakhir? Hanya bisa geleng-geleng kepala, sambil menerka-nerka “Jangan-jangan Telkomsel lagi down”.


Jurnalisme Placebo, Pesan Palsu Efeknya Nyata

Written by Harja Saputra 24 November 2011 Published in Komunikasi

Placebo dikenal luas di bidang kedokteran dan farmasi. Placebo adalah obat palsu, bentuknya mirip dengan obat asli. Placebo umumnya digunakan untuk menguji khasiat suatu obat. Ketika suatu perusahaan obat hendak menguji obat yang mereka ciptakan umumnya tahap terakhir adalah diujicobakan pada manusia. Maka dibuatlah 2 jenis obat: obat asli yang telah mereka formulasikan dan obat placebo yang miripnya sama tetapi kandungannya hanya berisi gula.


LPSK Pelindung Selebritis dan Konglomerat

Written by Harja Saputra 24 November 2011 Published in Polhukam

Selasa, 22 November 2011, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyetujui permohonan korban penganiayaan pelapor sedot pulsa, Hendry Kurniawan. Meskipun demikian, ini justru memberikan gambaran jelas adanya diskriminasi dalam perlindungan. Kenapa demikian?


Maaf, Saya Blogger Merah

Written by Harja Saputra 19 November 2011 Published in Komunikasi

Ketika menulis dianggap sebagai profesi seperti wartawan, maka itu namanya “kuli tinta”, atau jika blogger “kuli traffic”. Atau, dalam bahasa lain “Penulis Hitam” (hitam bukan maksudnya merujuk ke konotasi jahat, tetapi merujuk ke warna tinta atau tulisan di web yang rata-rata berwarna hitam).


Kisruh di Telkomsel, Ada Apa?

Written by Harja Saputra 19 November 2011 Published in Ekbis

Siapa yang tidak kenal Telkomsel? perusahaan BUMN telekomunikasi terbesar. Dengan pendapatan 34 Trilyun (pertengahan 2011). Penyumbang terbesar keuangan induk perusahaannya, yaitu PT Telkom, Tbk. PT Telkom sendiri adalah penyumbang kedua terbesar dividen pada negara. Namun, kini rupanya Telkomsel lagi terseok-seok, bukan karena krisis keuangan, karena Telkomsel adalah perusahaan sangat sehat dari aspek finansial. Terseok-seok karena beragam masalah yang dihadapi, baik masalah internal maupun eksternal.


Beranikah AS dan Israel Menyerang Iran?

Written by Harja Saputra 09 November 2011 Published in Polhukam

Rakyat Iran telah biasa dengan cara-cara intelejen, terutama dalam merahasiakan dokumen. Hal ini diajarkan turun temurun. Mungkin karena sudah lama hidup dalam peperangan, sejak perang Iran-Irak, embargo ekonomi oleh Amerika, dan perseteruannya dengan Amerika dan Israel yang tak pernah kunjung selesai. Itu karena ditanamkan terhadap rakyat Iran bahwa ada musuh bersama, musuh rakyat Iran, bahkan musuh Islam, yaitu Amerika. Ada hari khusus yang disebut dengan hari “Yaum al-Quds” pada setiap tanggal 25 Ramadhan, di mana para pengikut Syiah akan turun ke jalan sambil meneriakkan yel-yel mengutuk Amerika dan Israel.