Connect with us

Nasional

Testimoni Setelah Test Drive New Mirage Sport

Published

on

foto: harjasaputra.com

New Mirage Sport sebagai City Car pabrikan Mitsubishi merupakan salah satu produk andalan yang mengusung tema “Sporty” selain Pajero Sport dan Outlander Sport. Setelah sukses pada tahun 2012 dengan tiga varian Mirage: Mirage GLX, GLS dan Exceed, kini New Mirage Sport diusung dengan target pemasaran pada segmen anak muda.

“Mirage awalnya diperuntukkan bagi segmen para ibu-ibu rumah tangga atau wanita aktif, dengan dikeluarkannya New Mirage Sport kami ingin melebarkan segmen Mirage pada anak-anak muda”, ungkap Intan Widyasari selaku Head of Mitsubishi Motors Public Relations PT Krama Yudha Tiga Berlian pada event Test Drive New Mitsubishi Mirage bekerjasama dengan Kompas Otomotif dan Kompasiana (Minggu, 09/03).

Modifikasi eksterior disematkan pada body dan fitur Mirage Sport ini. Dilengkapi dengan tombol on/off untuk menghidupkan mesin merupakan salah satu fitur yang disematkan pada Mirage Sport. Sudah tidak zaman lagi menghidupkan mesin dengan memakai kunci putar. Tidak hanya itu, tampilan di bodi dilengkapi dengan garis hitam dan side skirt untuk menambah kesan sporty. Tak ketinggalan, velg racing pun diupgrade ke ukuran yang lebih besar yaitu 15 inchi yang terbuat dari bahan alloy dengan ukuran ban 175/55.

Garis hitam memanjang di bodi Mirage Sport (harjasaputra)

Untuk masalah keamanan, New Mirage Sport sudah dilengkapi dengan Dual SRS Bag, yang akan terbuka otomatis jika mobil misalnya menabrak sehingga keselamatan pengemudi dan penumpangnya lebih terjamin.

Di bagian dapur pacu, Mirage Sport masih menggunakan mesin yang sama pada varian Mirage sebelumnya, dengan mesin 1.2 L atau setara dengan daya mesin 1193 cc, menggunakan teknologi transmisi CVT (Continous Variable Transmission),dan dengan tiga silinder teknologi MIVEC yang membuat New Mirage Sport sangat powerful serta irit konsumsi bahan bakar.

Bagian mesin Mirage Sport (harjasaputra)

Fitur-fitur lain yang disematkan di New Mirage Sport adalah: antena lebih pendek yang ditempelkan di bagian belakang sehingga terlihat lebih trendy, spion lipat otomatis yang dapat diubah posisinya melalui tombol di dashboard, bagasi lebih lega dan dilengkapi dengan lampu penerangan khusus sehingga memudahkan untuk mengambil atau menyimpan barang di malam hari, dan fitur-fitur lain.

Dari pengalaman saya berada di ruang kemudi New Mirage Sport pada acara test drive, mobil ini terasa nyaman dikendarai. Tarikan mesin cukup responsif. Menekan sedikit saja pedal gas, mobil langsung melaju kencang. Handling di tikungan pun terasa stabil tidak goyang. Di panel dashboard pun sudah dilengkapi dengan led “Eco Indicator”, agar kita bisa mengetahui gaya mengemudi kita atau kecepatan yang dipacu dari kendaraan masih tergolong ekonomis ataukah tidak. Jika lampu menyala hijau maka akan berpengaruh pada keiritan bahan bakar, namun jika lampu eco mati berarti kecepatan atau gaya mengemudi kita tidak sesuai dengan prinsip “efisiensi bahan bakar”.

Untuk masalah kehematan bahan bakar, setelah menempuh jarak lebih dari 83 km, diperoleh rasio rata-rata penggunaan bahan bakar  New Mirage Sport adalah sebesar 15 km/liter. Teman-teman dari grup lain ada yang mencapai 15.7 km/liter. Itu dengan catatan melewati beberapa titik macet yang parah seperti di Slipi, Lebak Bulus menuju Pondok Indah, dan di area Blok M menuju taman Ayodya sangat macet, serta titik-titik macet lain yang memang sengaja dilalui untuk menguji New Mirage Sport pada medan sehari-hari di Jakarta. Angka rasio kehematan tersebut menurut pengalaman saya yang sudah ikut dalam beberapa event test drive dan berdasarkan pengalaman sehari-hari menggunakan mobil dengan tipe berbeda, konsumsi bahan bakar New Mirage Sport tersebut sangat irit. Dibandingkan konsumsi mobil saya yang biasanya hanya maksimal 8 km/liter di jalanan ibu kota.

Tidak salah jika New Mirage Sport mengusung tema dalam tagline-nya “Mirage Sport: Utility City Car”, karena memang dari fitur-fitur dan tingkat kehematan bahan bakarnya benar-benar dapat diandalkan serta sangat sporty. Cocok bagi para kawula muda atau yang berjiwa muda. Pokoknya, muda terus deh..!**[harjasaputra]

 

Komentar

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]