Angka 11-11-11: Dari Makna Gerbang Neraka Hingga Angka Hoki

11 Nov 2011
4812 times
Ilustrasi: imdb.com Ilustrasi: imdb.com

Tergerak untuk mengetahui apa makna di balik angka 11-11-11. Bertepatan dengan tanggal hari ini. Jika dibilang angka ini hanya terjadi seumur hidup sekali, semua orang juga tahu itu. Apa bedanya dengan tanggal-tanggal yang lain? Semua tanggal hanya terjadi seumur hidup sekali. Tanggal 01-02-03 juga hanya terjadi seumur hidup sekali.

Keunikan tanggal 11-11-11 ini selain nomor cantik (karena terdiri dari deretan angka 1), juga dipermasalahkan dengan mitos-mitos tertentu. Lantas apa yang spesial di tanggal 11-11-11 ini? Mari kita simak analisis dari pakar Numerologist (pakar yang mencari arti mistis di balik angka-angka). Jangan dari pendapat artis kalau tanya tentang ini, pasti jawabannya ba bi bu, tanya sama ahlinya.

Pada abad pertengahan, numerologists percaya semua nomor memiliki arti, baik arti positif maupun negatif kecuali untuk angka 11. Dalam kata-kata seorang sarjana abad ke-16, Petrus Bungus, angka 11 tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang istimewa atau mistis (divine things). Karena angka 11 terjebak antara nomor 10 dan 12 yang diyakini sebagai angka istimewa.

“Dengannya angka 11 adalah bermakna kejahatan murni (pure evil), dan mewakili orang-orang berdosa. Artinya, bukan pertanda baik untuk 11 November 2011, tanggal ketika tiga 11 akan menyelaraskan untuk pertama kalinya dalam satu abad”, kata Bungus.

Berkaitan dengan pendapat Numerologist tersebut, saat ini ada sebuah film horor yang baru berjudul “11-11-11,” (untuk melihat review dan trailer filmnya klik di sini). Mengisahkan cerita menakutkan yang akan terjadi pada tanggal ini. Karakter film ini menyebutnya dengan istilah “fenomena 11:11,” kecenderungan untuk melihat jam lebih sering di 11:11 dibandingkan pada waktu hari yang lain. Pada hari kesebelas dari bulan kesebelas tahun kesebelas, gerbang gelap (neraka) akan terbuka dan darah tak berdosa akan tumpah.

Fenomena 11:11 ini memang banyak dibincangkan dalam kehidupan nyata, banyak forum diskusi online yang mencari tahu apa arti dari nomor ini. Orang mengatakan mereka merasa dihantui oleh 11s, yang tampaknya menakutkan bagi mereka. Ada juga yang memaknainya sebagai tanggal yang tampak menyenangkan.

Di sisi lain, beberapa modern numerologists menganggap 11/11/11 menguntungkan, dan menurut sumber-sumber berita lokal di seluruh negeri, banyak pasangan telah merencanakan untuk menikah pada hari ini. Di Indonesia saja, hari ini di Jakarta akan ada 1000 pasangan yang akan menikah. Belum lagi di kota-kota lain.

Selain itu, nomor 11 juga merupakan angka favorit dari penjudi–khususnya pemain blackjack dan Keno.

Adapun pendapat psikolog menyoroti angka ini dengan menyebutnya sebagai kasus klasik dari “apophenia,” atau kecenderungan manusia untuk menemukan makna atau pola dalam data yang terjadi secara acak. Kondisi ini terjadi secara sendirinya, karena ketika kita lebih sadar terhadap sesuatu - seperti memaknai makna 11/11/11 - maka akan semakin sering kita akan melihat dalam dunia di sekitar kita, dan dengan demikian kita semakin yakin bahwa pola tersebut adalah nyata. Persis seperti hantu. Hantu itu tidak ada, tetapi ketika kita yakin, maka akan begitu nampak pada yang meyakininya. Itulah apophenia.

Menurut Alan Lenzi, profesor studi keagamaan di University of the Pacific yang mempelajari naskah-naskah numerologi dari kitab-kitab suci, ia menyebutkan bahwa ini terkait dengan kecenderungan alami manusia dalam mencari makna terhadap sesuatu. “Ilmuwan telah menunjukkan bahwa otak manusia terprogram untuk mencari pola yang bermakna dalam data sensoris yang dikumpulkan dari dunia”. Dalam kebanyakan situasi, aspek kognitif ini membantu kita: memungkinkan kita untuk mengambil informasi penting dari latar belakang angka acak. Tapi kadang-kadang berlebihan dengan mencari pola pada angka-angka. Setelah ditemukan, pola-pola tersebut kemudia dijiwai dengan makna imajinatif.

Peristiwa memaknai angka 11/11/11 juga terjadi pada beberapa tahun lalu yang memakna angka 10/10/10. Kemudian angka 09/09/09 dan terus akan begitu. Mungkin tahun depan akan sama angka 12/12/12. Karena manusia cenderung menemukan makna di balik hal-hal yang menurut manusia unik. Pemaknaan itu wajar sebatas memberikan efek positif. Tetapi jika dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti pendapat para pakar di atas, tidak ada hubungannya sama sekali.

Peristiwa besar bagi rakyat Indonesia juga akan terjadi pada tanggal 11/11/11, setidaknya ada 2 peristiwa: vote komodo akan diumumkan hari ini dan pembukaan Sea Games di Palembang. Jika kemudian Komodo menang maka pasti akan menggiring ke pemaknaan bahwa tanggal ini tanggal hoki, tetapi jika sebaliknya maka akan dimaknai sebagai “gerbang neraka”. Atau bisa jadi jika menang sekalipun, oleh sebagian orang akan dimakna tetap sebagai “gerbang neraka”. Begitu pun dengan acara Sea Games. Jika sukses maka tanggal ini akan dimaknai sebagai tanggal hoki, tetapi jika ada peristiwa aneh maka akan dimaknai “gerbang neraka muncul di Palembang”..woow seraam.**[harja saputra]

————————–

Sumber referensi: artikel dari MSNBC.

Harja Saputra

Verba volant scripta manent..carpe diem memento mori" (apa yang diucapkan akan hilang, apa yang dituliskan akan abadi..jika tidak sekarang kapan lagi). Mencoba berpikir dan berbagi dengan Anda.

Website: www.harjasaputra.com

Leave a comment

Silahkan berkomentar melalui kolom di bawah ini.

Blog dengan aneka topik, tulisan Harja Saputra. Konsen di bidang humanisme. Berbagi untuk Anda