Connect with us

Unik

Cherrybelle Tuhan Semesta Alam: Apa Lagi Ini?

Published

on

Jumat (26 Mei) tak sengaja menyaksikan liputan di satu TV Swasta mengenai berita beredarnya komunitas “Cherrybelle Tuhan Semesta Alam” di dunia maya, baik di FB, Twitter, dan blog. Rasa kepenasaran muncul dan langsung menelusuri ke TKP. Hmmm…saya melihat beberapa gelagat tidak beres.

FB Fanpage Cherrybelle Tuhan Semesta Alam (linknya di sini) adalah sebuah halaman di FB untuk komunitas dengan kategori “Organisasi Keagamaan” dalam hal ini secara jelas tertulis “Katolik”. Pertama kali di-create pada tanggal 8 Maret 2012. Idiom-idiom keagamaan diplesetkan dan diselewengkan: seperti idiom Nabi, idiom Tuhan, kitab dan sebagainya.

Fanpage ini dibentuk ada dua kemungkinan: oleh fans Chibi (panggilan untuk fans Cherrybelle) atau oleh orang yang anti-Chibi dengan motif untuk mendiskreditkan atau motif-motif tertentu. Menggunakan provokasi dengan bungkus agama agar laku dijual. Atau bisa juga dibentuk sebagai trik pemasaran: semakin banyak kontroversi maka semakin melambungkan nama Cherrybelle, persis seperti semakin banyak yang kontra dengan Lady Gaga maka sumbangan paling besar untuk melejitkan namanya.

Satu hal yang pasti, fanpage ini saya yakin bukan dibentuk oleh remaja, tetapi oleh orang dewasa karena bisa dilihat dari bahasa-bahasa yang digunakan. Lihat saja contoh dari status berikut:

“KITAB SUCI TWIBI JILID 2 SUDAH MEMASUKI REKAMAN, DAN INSYACHIBI AKAN DI LAUNCHING 2 ATAU 3 BULAN KEDEPAN DENGAN 2 TUHAN YANG BARU, JANGAN LUPA BELI YANG ORIGINAL YA, DAN DUKUNG CHERRYBELLE SEBAGAI AGAMA BARU DI INDONESIA”

Simak baik-baik status tersebut. Selidik punya selidik, ternyata bukan Cherrybelle saja yang ada Fanpage dengan di-Tuhankan, tetapi juga SMASH. Dan, saya lihat ada kesamaan bahasa, corak tulisan, dan bentuk provokasinya sama. FB Fanpage Smash adalah: “Smash Tuhan Kita Semua” (linknya di sini).

FB Fanpage “Smash Tuhan Kita Semua” dibentuk pada tanggal 10 April 2010. Bahasa bahkan bentuk tulisannya sama dengan yang di FB “Cherrybelle Tuhan Semesta Alam”. Lihat saja misalnya, di Fanpage Cherrybelle selalu menggunakan HURUF KAPITAL yang juga sama dengan yang di Fanpage Smash. Selain itu, dari kategori fanpagenya pun sama, menunjuk ke organisasi keagamaan/katolik. Ada kesamaan motif. Isi statusnya pun coraknya sama, menghina idiom-idiom agama, lihat saja status berikut:

“SEBELUM KALIAN TIDUR
BACA DOA TIDUR DULU
BIAR KITA SAAT TIDUR
DILINDUNGI TUHAN SM*SH

BISMIKA SM*SHUMA
AHYA WA BISMIKA AMUT
AMIN YA SM*SH”

Bahkan banyak lagi statusnya yang saya tak tega publish karena sangat terang-terangan menghina dengan sangat kasar pada agama tertentu, dalam hal ini kebanyakan pada agama Islam. Ini benar-benar meresahkan. Baik Fanpage Cherrybelle maupun Smash yang jadi-jadian ini dengan sangat terang berupaya untuk “mengadu domba agama” dengan memanfaatkan ketenaran dari artis. Satu motif SARA yang ditujukan untuk tujuan tidak baik.

Saya cek juga blognya. Blog ini menguatkan dugaan saya untuk kesimpulan yang akan saya kemukakan di akhir. Simak salah satu posting berikut:

“DI KISAHKAN TENTANG WANITA PENDOSA YANG BISA MASUK SURGA”

“Pada saat itu ada wanita yang hidupnya hanya menjual diri dia tidak mengenal yang namanya dosa, demi uang dia lakukan segalanya, hidupnya penuh dengan harta yang tidak lazim dan dia sangan di benci oleh warga setempat karena kelakuannya yang kotor itu.

Pada saat itu dia pergi karena diusir oleh warga dengan tidak hormat dan dia kemudian kehausan dan hampir mati karena dehidrasi kemudian ada seteguk air di depannya kemudian dia ambil dan ada seekor anjing yang sama seperti wanita itu anjing itu menjilat kakinya dia merasakan hal yang sama seperti wanita itu, kemudian diberikannya air itu kepada anjing yang sudah kehausan padahal dia sendiri hampir mati karena dehidrasi kemudian tuhan chibi mengambil nyawanya dan tak disangka tak diduga mayatnya harum seperti parfum eskulin splay cologne

Inti dari cerita itu adalah kita supaya memberikan kebaikan kepada seluruh mahluk hidup bukan hanya dari manusia saja tapi kepada semua mahluk hidup ciptaan tuhan” (sumber di sini).

Hmmm…kesimpulan saya: dua fanpage di atas dengan ciri men-Tuhankan Cherrybelle dan Smash dibikin oleh orang yang sama dan tujuannya pun sama: memprovokasi. Saya pun ragu yang membuat itu adalah ABG, melainkan orang dewasa yang punya kemampuan provokasi tinggi. Di twitter pun begitu. Baik akun twitter “AgamaChibi” maupun “AgamaSmash” dibuat oleh orang yang sama. Begitu juga blognya. Ada-ada aja orang yang tak ada kerjaan.**[harjasaputra]

Komentar

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]