Ilustrasi tidycustoms.net

Nyari CMS HTML yang Bagus? Coba Publii

Bosan dengan CMS mainstream seperti Wordpress, Joomla, dan lainnya yang basisnya menggunakan bahasa PHP dan ingin mencoba CMS baru dengan beragam kelebihan? Coba deh Publii.

Publii adalah CMS halaman statis HTML yang bukan web based, tetapi desktop. Dengannya backend CMS lebih aman, karena tidak ada di web tapi di komputer lokal. Terdapat versi Mac, Windows, dan Linux.

Download aplikasi Publii di Link Ini.

Kelebihannya:

1. Seperti halnya halaman statis, tidak perlu ada database mysql, plugins, dan lain-lain. Publii menggunting semua bottleneck dan keribetan dalam membuat website yang bagus dan aman. 

2. Fitur yang dimiliki luar biasa: sangat cukup untuk membuat website profesional, ga kelihatan pakai aplikasi gratisan seperti WP, padahal publii juga gratisan, tapi karena umumnya membuat halaman HTML statis harus mengkoding sendiri CSS dan JS, dengan Publii sudah otomatis.

Di antara fiturnya yang saya kagum adalah: 

  • Sudah ada pilihan untuk mengcustom langsung header, body, footer, bahkan untuk halaman AMP sudah dibedakan kolomnya. Kita tinggal masukin kode, misal untuk memasukkan iklan adsense.
  • Posting artikel sangat gampang. Pilihan seperti featured image, SEO, tags, insert image, galeri foto, dan video sudah built in.
  • Support markdown.
  • Ngelink ke server sangat gampang, ada pilihan pakai FTP, SFTP, Amazon S3, dan Google Cloud jika ingin ngelink ke control panel hosting, juga ke Github dan Netlify jika ingin hosting web yang gratis. Jika sudah beres edit atau posting di aplikasi komputer lokal tinggal klik Syncronize dengan server, maka akan langsung online.
  • Sudah ada fitur halaman Google AMP. Amazing dah.
  • Pilihan font, custom tampilan frontpage, tampilan post, tampilan menu, dan semua pilihan tinggal diklik-klik dan aplikasi akan otomatis menginsert kode ke halaman htmlnya.
  • Hero Cover untuk tampilan yang eye catching sudah ada juga pilihannya.
  • Pretty link sudah include, yaitu pilihan menyembunyikan ekstensi .html atau tetap mempertahankannya tinggal pilih.
  • Komentar di posting, Publii menyediakan fitur menggunakan Disqus. Tinggal insert shortname disqus saja.
  • Share ke Medsos? Tenang, sudah ada juga tinggal klik langsung aktif.
  • Import post dari WP. Nah ini yang istimewa. Bagi yang ingin beralih dari Wordpress sudah ada fiturnya. Bye WP...!

3. Tampilan aplikasi desktopnya ringan.

4. Marketplace themesnya meskipun masih terbatas tetapi themes gratis bawaannya sudah cukup untuk bikin blog keren seperti blog saya ini (untuk lihat marketplace themes Publii klik Di Sini).

5. Untuk edit manual, Publii menggunakan file dengan extensi .hbs sama dengan yang digunakan oleh Ghost. Karena Publii dibikin dengan Vue.js jadi gampang untuk diedit sesuai dengan selera.

6. Speed? Jangan ditanya. Tipikal web HTML murni biasa aja pasti 10 kali lebih cepat daripada web PHP. Apalagi Publii juga menyediakan fitur untuk mengkompres html, css, dan javascript sehingga web dijamin makin ngacir. Web saya ini saya ukur loadingnya kurang dari 2 second. Saya ukur di webpagetest dan di gtmetrix hanya 1.7 second. Kalau ada iklan adsense 1.9 second. Dan semua indikator, hasil testnya A. Apa gak gila itu?

Kelemahan:

Sejauh ini kelemahan dari Publii yang saya rasakan adalah belum nemu bagaimana cara mengedit generator meta defaultnya. Di halaman html akan tertulis:

<meta name="generator" content="Publii Open-Source CMS for Static Site">

Paling bisa mengubahnya secara manual di index.html, tetapi itu tidak simpel. Karena harus diedit semua index.html. Iya kalau halamannya sedikit. Kalau banyak kan ribet. Ini sudah setting otomatis dari Publii. Itu menurut saya masih bisa ditolerir sih. Gak terlalu gimana-gimana.

Menggunakan Publii di Multi Komputer

Karena Publii adalah software desktop, di Windows, Mac, dan Linux, menggunakan Dropbox untuk mengedit di komputer yang berbeda, adalah solusi jitu. Kita tinggal mengubah file location dan diarahkan ke dropbox. 

Jangan khawatir, Publii sudah menyediakan tutorial lengkapnya bagaimana mengedit web dari multikomputer dengan Dropbox (Klik Di Sini Tutorialnya).

Contoh nyata web yang menggunakan Publii adalah ya blog saya ini. Gimana menurut Anda, nice kan?* 

Comments