Ilustrasi harjasaputra.com

Perbandingan Speed Telkomsel dan Tri di Depok

Saya pake Sim Telkomsel sudah lama banget, sejak punya HP sampai sekarang tidak pernah ganti nomor. Sudah 10 tahun lebih kayaknya. Tak ada kendala umumnya, sinyal stabil, speed lumayan, di luar negeri sinyal pun kenceng.

Tapi itu dulu, sekarang sejak beberapa bulan terakhir, telkomsel lelet speednya. Apalagi kalau pake tetring ke komputer, terus pas hari minggu. Lemot banget.

Dua hari lalu saya beli simcard Tri, nyoba kali aja lebih kencang dari telkomsel. Maklumlah, rumah saya--maaf-maaf ya--di BSD atau Bogor Sini Dikit alias di Depok, tepatnya di daerah Meruyung Limo, jadi sinyal kadang kenceng kadang lemot. Jadi pengen nyoba simcard lain. Mencoba beralih ke lain hati kan boleh kalau simcard.

Sekilas yang saya rasakan, kecepatan Tri lebih kencang, lumayan stabil, dan harganya itu lho. Murah. 50 ribu sudah dapat 12 GB guys. Ini case-nya di rumah saya lho ya.

Jadi penasaran, berapa sih sebenarnya kecepatan yang diterima rata-rata. Mari kita ukur.

Tak usah pakai alat ukur speed yang ribet-ribet, kita pake alat pengukur speed dari speedtest.net saja. Berikut hasil ukurnya:

Telkomsel

Hasil test simcard Telkomsel
Hasil test simcard Telkomsel

Tri

Hasil uji Speed Simcard Tri
Hasil Uji Speed Simcard Tri

Dari hasil test beberapa kali Simcard Telkomsel dan Tri, ternyata simcard Tri lebih kencang daripada Telkomsel. Malah pas test simcard Telkomsel susah minta ampun. Harus berkali-kali baru dapat hasilnya. Karena selalu error, tidak dapat sinyal khususnya pada saat ngukur upload. 

Tidak ada perlakuan khusus di saat ngukur kedua simcard. Semua diperlakukan secara sama, biar fair. 

Dengan kecepatan download Tri 1.54 Mbps yang diterima dan Telkomsel hanya dapat 0.06 Mbps yang diterima, sementara untuk upload agak sama, keduanya di atas 9 Mbps. Maka yang dirasakan adalah dengan telkomsel agak lemot dan tri lumayan kenceng. 

Ukuran 1 Mbps kalau untuk download atau nonton movie ya lumayan, tidak terlalu nge-lag. 

Itu aja review singkatnya. Oh iya, review ini hanya berlaku di daerah Depok dan bisa saja berubah kalau dilakukan di waktu yang berbeda (biar kelihatan ilmiah sedikit..:v).*

Comments