Oppo A92

Review Pemakai Gadget Oppo A92

Sudah sebulan sejak saya beli Oppo A92 pada 22 Mei 2020 lalu hingga hari ini masih setia di tangan. Menemani hari di kantor, di jalan, di saat susah maupun senang. Hehe..memang susah melulu sih hidupnya, tapi si Oppo ini tetap setia menemani. Irit juga dia, tidak butuh banyak makan setrum. Sehari cukup di-charge sekali saja. Tak usah banyak, kadang masih sisa. Sehari setengah deh seringnya. Mengingat Oppo A92 batrainya besar 5000 mAh.

Jujur saya bukan tukang review gadget, baru kali ini bikin postingan tentang review gadget. Jadi review saya asli dari pemakai langsung alias end user, bukan karena dibayar atau endorse. Murni karena memang ngerasa Oppo A92 recommended banget buat yang nyari HP dengan harga 4 jutaan (waktu saya beli sebulan lalu), mungkin saat ini sudah berubah.

Masuknya gadget ini kelas middle. Tak terlalu glamour seperti yang merek apel digigit, dan tak terlalu murahan juga. Gak malulah kalau ditenteng ke mana-mana.

Performa

Masalah performa, Oppo A92 tidak kenal lelet. Disentuh langsung ngacir. Bahkan sebelum disentuh pun sudah langsung kebuka..hahha. Saking cepetnya. Itu karena gadget ini dibekali oleh CPU Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 yang lincah. Speed dapur pacu menggunakan Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver).

Untuk gamers dijamin puas. Apalagi kalau cuma untuk pekerja seperti saya, yang jarang main games hanya untuk aplikasi office dengan segala aplikasi modern sudah sangat puas.

Dilengkapi RAM 8GB dan ruang penyimpanan yang lega 128 GB. Kalau untuk jangka waktu 4 tahun pemakaian pribadi, termasuk bagi yang hobi foto, ruang segitu sangat cukup. Kecuali yang hobi nyimpen atau bikin video mungkin akan kurang.

Berikut spesifikasi untuk pendukung performa Oppo A92 secara ringkas:

 
Operating System: ColorOS 7.1, based on Android 10
CPU: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665
GPU: Adreno 610
Battery: 5000mAh
RAM: 8GB
Storage: 128GB

Spesifikasi diambil dari skrinsut Oppo A92:

Dengan OS Android 10 dan ColorOS 7.1, Oppo A92 dibekali banyak fitur yang khas bawaan Android 10 dan bawaan Oppo. Saya jarang pakai untuk aplikasi bawaan ColorOS 7.1. Aplikasi bawaan Android 10 sangat sangat membantu dan sudah lengkap. Google sebagai produser Android sudah membenamkan puluhan aplikasi dan fitur yang mumpuni. 

Voice recognition, Face unlock, Map, Email, Compass, GPS, Fingerprint unlock, pengukur waktu jalan untuk kesehatan sudah ada. Itu sih mungkin di semua gadget yang baru sekarang sudah ada selain di A92. Satu hal yang menakjubkan saya adalah pengaturan untuk aplikasi dan fitur-fiturnya di Android 10 ini sangat lengkap. Beda banget dengan ketika saya menggunakan gadget Lenovo saya yang harganya juga 4 jutaan.

Privacy dan Security

Apps lock sudah tersedia juga. Tak perlu download lagi. Jadi bagi yang tidak ingin aplikasi chatnya semisal WhatsApp, Email, Contact, dan aplikasi lain dibuka oleh orang lain bisa pakai fitur bawaan yang sudah di Oppo A92 ini. Khususnya bagi suami-suami yang selalu sport jantung saat isi hpnya diperiksa istri, nah dengan apps lock ini tak perlu lagi khawatir. Dijamin aman, tenteram, dan sejahtera..wkwkwk. Aplikasi dapat dilock dengan face recognition atau dengan finger print atau juga dengan PIN.

Selain itu, Contact protection juga sudah tersedia di fitur Oppo A92. Kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang diizinkan mengakses list contact, dan aplikasi mana saja yang kita batasi dilarang ngintip-ngintip list contacts kita. Seperti aplikasi dari bankir-bankir atau aplikasi toko-toko online, jangan sekali-kali dikasih izin untuk ngintip contact. Blok saja langsung. 

Jika diaktifkan, contact protection akan otomatis menampilkan contact kosong kepada aplikasi yang coba-coba mengintip kontak. Kena tipu deh mereka. Emang enaak.. Hahaha. 

Fitur face lock sih sudah umum sekarang dipakai, tetapi contact protection dan apps lock adalah fitur yang sangat sangat penting, dan itu sudah tertanam di fitur Oppo A92. Keren kan. Daripada download dari Google Play aplikasi yang tidak jelas dan banyak iklannya. Maaf-maaf ya..gak main.

Hasil Foto

Nah ini penting, kualitas foto Oppo A92 itu keren banget. Seperti layaknya hasil jepretan Oppi yang selalu jernih, mulus, yang mukanya penuh jerawat pun bisa langsung hilaaang, bablas ditelan oleh jin..wkwkwk. Pokoknya tidak rugi pake Oppo kalau tujuannya untuk foto.

Apalagi Oppo A92 ini dibekali dengan kamera yang canggih. Tampilan belakangnya mirip gadget mahal. Padahal kan ya tidak mahal banget. 

Tampilan kamera belakang Oppo A92
Tampilan Kamera belakang Oppo A92 

Berikut adalah spesifikasi kamera Oppo A92:

 
Senso Kamera Belakang: 48MP & 8MP & 2MP & 2MP
Sensor Kamera depan: 16MP
Aperture:
Belakang: f/1.7 + f/2.2 + f/2.4 + f/2.4
Depan: f/2.0
Sensor Size:
Rear: 1/2''/0.8um+1/4''/1.12um+1/5''/1.75um+1/5''/1.75um
Front: 1/3.1''/1um
Camera Mode: Photo, Video, Night, Portrait, Expert, Panorama, Time-Lapes, Slow-Motion
Video:
Rear: 4K/1080P/720P@30fps; default 1080P@30fps
Front: 1080P/720P@30fps default 720P@30fps

Hasil jepretan Oppo A92 jernih, dan untuk foto Portrait bokehnya halus. Gadget ini juga sudah punya kamera wide dan macro. Keren dan lengkap banget pokoknya.

Mau tau hasil jepretannya? Ini saya kasih lihat beberapa hasil foto hasil Oppo A92:

Kekurangan

Tidak ada yang perfect suatu apapun di dunia ini. Pasti ada kekurangan. Oppo A92 meskipun dengan beragama fitur dan keunggulan yang cukup canggih, tapi terdapat kelemahan. Yaitu di antaranya tidak ada NFC. Ini penting buat saya sebenarnya. Karena biasanya saya isi untuk E-Toll pakai gadget. Kartu e-toll tinggal disentuhkan ke HP, dengan aplikasi mobile banking sudah langsung dapat mengisi, tanpa harus ke ATM. 

Oppo A92 tidak ada NFC. Jadi agak repot sekarang saya harus ke ATM untuk isi e-toll. Selain itu, kelemahan yang lain adalah gadget ini agak berat. Itu karena batre yang disematkan di dalam cukup besar 5000 mAh bikin hape agak tebal. Tidak tebal banget sih, semoks lah..hahaha.

Itu saja sih kekurangannya menurut saya. 

Sekian reviewnya, jika ada yang perlu didiskusikan silakan isi di kolom komentar.*

Comments