Connect with us

Mysticisme dalam Sains

Filsafat

Mysticisme dalam Sains

Mysticism dalam sains ada di bilangan binner (1 dan 0)..Chip itu ujung2nya selalu angka 1 dan 0 dan tergabung bersama arus listrik menjadi satu medanlistrik tertentu yg bisa menggerakkan energi dalam bentuk lain. Dan seluruh basic command komputer adalah pada bilangan binner.

Kuncinya ada di bilangan binner, 1 dan 0. Ini maknanya dalam..1 dan 0 juga merupakan inti dasar mysticisme.

Ali Syariati dalam salah satu puisi mistiknya mengatakan, relasi antara manusia dan Tuhan adalah seperti angka 0 dan 1. 1 berarti Tuhan dan 0 berarti manusia. Kalau qta ingin berarti harus dibelakang Tuhan, sebagaimana angka 0 yg kalau ingin berarti harus berada di belakang 1. Kalau di depan satu meskpn banyak tdk akan berarti apa-apa:
000001 akan dibaca 1…tapi 1000 akan dibaca seribu…disinilah letak arti penghambaan dan ibadah. Sombong adalah ketika dirinya (yang 0) berada di depan angka 1…padahal ia tidak akan berarti apa-apa…dan taat serta saleh adalah yang tau akan posisinya yang 0 dan ia memposisikan diri di belakang 1..menjadi hamba-Nya yang taat karena sesungguhnya keberadaan manusia adalah selalu tergantung terhadap keberadaan (wujud) Tuhan, sebagaimana keberadaan 0 yang tidak berarti apa-apa jika tidak ada 1.

1 dan 0 juga sebetulnya lambang dari cinta. 0 selalu butuh terhadap 1 dan sebaliknya. Seperti aliran listrik antara negatif dan positif. Seperti atom dan neutron. Selalu bersama2. Itu adalah cinta abadi dalam kehidupan alam..selalu berpasang-pasangan..1 dan 0…lelaki dan wanita..lelaki 1 dan wanita 0..bukan berarti wanta 0 dlm bilangan tp unsur 0 yg selalu saling terikat dengan 1.**[harja saputra]

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

KOMENTAR

To Top