Connect with us

Filsafat

Warnai Hidupmu!

Published

on

Ilustrasi: edidermawan.blogspot.com

Semalam saya sempat dengerin obrolan di salah satu radio. Ada yang bagus dari obrolan itu. Saya mendapat satu pepatah yang layak kita cermati: "JIKA KAMU TIDAK BISA MEWARNAI ORANG LAIN DAN LINGKUNGANMU, MAKA WARNAILAH DIRIMU SENDIRI."

Yup, warna..color. Satu atribut bagi benda. Sama dengan kata sifat yang merupakan atribut bagi benda tertentu. Kita bisa mengenal sesuatu kadang2 dari warnanya. Bahkan warna adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini. Malah, selera makan ayam itu ditentukan oleh warna. Banyak sekali hal2 yang terkait dengan warna. Termasuk bunglon yang bisa mengubah sendiri warna kulitnya.

Apa yang bisa kita ambil pelajaran? Setiap orang pasti memperhatikan kita dari warna yang kita munculkan. Setiap manusia di bumi ini adalah pengamat setia lingkungannya. Orang akan tau kita dari "warna" yang kita munculkan setiap hari. Ketika kita setiap hari selalu mewarnai diri kita dengan kebohongan, maka orang akan memberikan label "PEMBOHONG" kepada kita. Ketika kita setiap hari mewarnai diri dengan keceriaan, maka kita akan dikenal sebagai 'SI CERIA". Ketika kita selalu mewarnai diri dengan perbuatan terpuji, seperti selalu menyampaikan amanat dari orang lain kepada yang berhaknya, maka kita akan dikenal sebagai "SI TERPUJI/ SI JUJUR / SI AMANAH". Begitu terus.

Setiap warna yang selalu kita tonjolkan, maka akan melekat dalam diri kita. Setiap benda dikenali dari warnanya. Setiap manusia dikenali dari sifatnya.**[harja saputra]

Komentar

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement