Connect with us

Nama Anak Harus Ada Artinya?

Sosbud

Nama Anak Harus Ada Artinya?

Alma n Nadra (harjasaputra.com)

Anakku yang besar namanya Alma Zahra Saputra, yang kecil Nadra Zaki Saputra..tetep ada Saputranya dong..sebagai generasi asli Sunda tidak boleh lupa pada trah/ras. Karena, katanya, cuma 2 hal yang bisa menyatukan manusia, yaitu ras dan agama. Keluarga ternyata tidak bisa menyatukan manusia, orang tua meninggal anaknya berantem rebutan harta warisan. Cinta juga ternyata tidak bisa menyatukan manusia, kalo sudah benci terus berpisah, berantem rebutan harta gono gini..hallaah..kembalinya ke duit juga. Jadi, kembali ke ras, hanya raslah yang bisa menyatukan manusia. Agama? pastinya. Meskipun agama jg seringnya malah bikin manusia bertengkar juga seh..tapi biarlah, ntar klo ga nyebut agama disebut anti-agama lagi…

Alma Zahra Saputra, alma artinya air sebagai inti dari kehidupan. Thales, filsuf Yunani Kuno bilang, inti dari dunia ini adalah air. Tentunya, dikasih nama alma karena ingin seperti air yang menjadi sumber kehidupan, berguna lah singkatnya bagi banyak orang. Berguna bagi orang yang kehausan…berguna bagi orang yang kotor sekalipun, sebagai pencuci kekotorannya.

Air juga pinter, banyak otaknya…jeli lincah. Ia bisa menyelusup ke mana-mana. Ke tempat sempit OK, ke tempat lebar ayo…Air juga ditakuti kalo diusik, jangan macam-macam bikin air marah, rumah, kapal segede gunung tak ada artinya jika air ngamuk..Jadi tujuannya biar berani.

Zahra arti bahasanya bunga, ya biar harum. Ga bikin orang risih dengan kehadirannya. Juga bunga identik dengan wanita. Biar laku lah singkatnya. Secara anakku cantik gituu..hehe (cantik kayak ibunya..kalo kayak bapaknya prahara dan bencana buat anak..wkwkwkwk..). Zahra juga panggilan akrab putri Rasul, Fathimah Zahra. Jadi, bermoral lah tujuannya.

Trus Saputra apa dong artinya? ya pastinya biar pinter kayak bapaknyaa…wuallaah..belum nangkep jg toh endingnya?

Banyak yang protes, kalo nama cewek harusnya jangan Saputra dong, tapi Saputri. Lah, anak-anak gue. Masalah buat looo…!! (pake gaya Soimah)..wkwkwkkk.

Nadra Zaki Saputra, nadra artinya wealth (kekayaan), zaki artinya holy (suci). Jadi kekayaan yang suci. Karena ada kekayaan yang tidak suci, yaitu hasil keserakahan. Jadi intinya, nadra itu bukan dari hasil bikinin yang serakah tapi dari kesetiaan..cieelleee..secara masih tetep satu bininya…

Saputranya? ya kembali ke atas tadi, biar pinter kayak bapaknyaa…

Tapi ada ga enaknya punya anak namanya alma (air), sukanya di air mulu, klo mandi, masih kecil2 gitu bisa kuat sampe 2 jam…bayangiiin tuuh, tiap pagi jadi berantem mulu sama mamanya…tapi itulah indahnya punya buah hati..nakal2 jg gambaran jiwa kita.

Alma itu nama gabungan: di tradisi Islam ada, di Kristen pun ada. Nah, Nadra asli bukan diambil dari tradisi Arab atau Islam. Nama yang jarang. Hasil saya dapat “wangsit”. Wangsit yang saya terima bunyinya kurang lebih gini: “Jangan ngasih nama anak murni nama Arab ntar susah ke luar negeri..disangka teroris mulu..kan kasian. Tiru aja orang tua kamu, ga nyadar apa nama kamu sapa: harja saputra, aman-aman aja kan kalo ke mana-mana? Harja itu kalo di-Arab-kan artinya hampir sama dengan “Hasan”-lah..tapi mending nama lokal, asli Indonesia boo..”

Kurang lebih gitu lah wangsitnya. Dipikir-pikir bener juga. Berarti orang tua saya pikirannya dulu sudah futuristik, sudah tau kalau di masa depan bakal ada isu teroris (jangan negatif thinking, tak ada maksud mengaitkan Islam dan teroris, ini kajian realitas sosial coy..ga usah lebay)..Tapi akhirnya saya gabung saja kalo untuk nama anak: nama lokal ada nama yang religiusnya ada.**[harjasaputra.com]

Ping your blog, website, or   RSS feed for Free

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

KOMENTAR

To Top