Connect with us

Cerita Foto

[PHOTOS] Ribuan Pendemo Kepung DPR

Published

on

Sejak Rabu gedung DPR dikepung oleh ribuan demonstran, dan mencapai puncaknya pada hari ini, Jumat (30/03/2012), puluhan ribu mahasiswa, buruh, dan massa mengepung komplek DPR. Jumlahnya diperkirakan mencapai 16 ribu orang.

Berikut ini adalah foto-foto yang diambil langsung dari tempat kejadian, yang menggambarkan secara langsung bagaimana kondisi riil di DPR saat ini.

Semula demonstrasi berjalan damai, tanpa ada upaya pengrusakan fasilitas. Namun menjelang sore massa berupaya untuk masuk dan menjebol pagar DPR. Sementara di dalam gedung DPR sendiri, rapat paripurna masih belum memutuskan secara final: menolak atau mendukung penaikan harga BBM. Pagar DPR semuanya runtuh dijebol oleh pendemo.

Dari paripurna tadi siang mayoritas fraksi menolak penaikan harga BBM. Poinnya adalah pada Pasal 7 ayat 6 dan 6a. Fraksi-fraksi menginginkan Pasal 7 ayat 6 tetap berlaku (harga eceran BBM bersubsidi di tingkat pengecer tidak naik). Tetapi kemudian ada opsi ditambah ayat baru: ayat 6a. Draftnya silahkan dilihat di foto.

Prediksi saya: penaikan harga BBM akan ditunda. Lobi akan fokus pada Pasal 7 ayat 6a dalam angka berapa persen nilai rata-rata kenaikan harga minyak (ICP) yang ditolerir agar pemerintah dapat menaikkan harga BBM. Ada yang mengusulkan: 5%, 10%, 15%, dan 20%. Di sini nanti akan berkutat. Kita tunggu hasilnya.**[harjasaputra.com]

Video detik-detik dijebolnya gerbang DPR dapat dilihat di video Youtube ini (video by harjasaptra): http://youtu.be/4wWOsWw-OLc

{gallery}demoBBM{/gallery}

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]