Connect with us

Cerita Foto

Membidik Garis Dalam Foto

Published

on

Pagar berujung runcing membentuk garis diagonal (harjasaputra)

Sebagai pendatang baru di Group Kampret, saya mohon ijin pada para fotografer senior yang sudah lama bergabung di group tersebut dan kepada kompasianers lain, untuk sedikit berbagi hasil jepretan saya dalam tema tantangan minggu ini (Weekly Photo Challenge): Garis.

Saya sudah lama menjadi pengamat setia bahkan pemburu garis-garis alam. Memang betul, garis itu ada di mana-mana, baik garis nyata maupun garis imajiner. Garis adalah elemen dasar fotografi, bahkan elemen dasar makhluk yang ada di alam ini. Hanya saja, saya meyakini setiap keberadaan yang terlihat nyata garisnya di alam ini itu adalah buatan manusia, sedangkan Tuhan tidak pernah menciptakan makhluk yang bergaris. Dalam artian garis yang diciptakan Tuhan adalah garis imajiner, karena Tuhan tidak pernah menciptakan makhluk yang tumpul: kotak dan sejenisnya. Selalu tak berujung, dengan garis lekuk yang variatif. Di sinilah feeling fotografer diasah untuk menangkap garis-garis imajiner yang Tuhan ciptakan.

Lupakan dulu garis imajiner, kita ke garis nyata yang tampak riil. Foto di bawah ini saya ambil di salah satu hotel di Lombok (foto2 – foto4):

Garis bagi fotografer sangat penting, karena berkaitan dengan komposisi. Apapun objek fotonya elemen garis menjadi hal yang sangat penting. Pada foto event di bawah ini (panjat tebing) elemen garis pun dapat terlihat jelas. Garis vertikal yang dipadu dengan lengkung dari tebing yang dipasang sangat asyik untuk difoto. Karena vertikal, maka kesan yang ditonjolkan adalah kesan ketinggian (foto 5-7).

Apa manfaat memahami elemen garis untuk fotografi tingkat lanjut? Banyak. Seperti disebutkan di atas, feeling fotografer harus mampu menangkap garis-garis imajiner dari alam. Bentangan garis horisontal di pantai, rambut yang terurai dari seorang model, komposisi foto modeling yang enak dipandang, dan banyak lagi kegunaannya. Foto di bawah ini adalah garis imajiner dan komposisi foto yang tak lepas dari garis (foto 8-10):

Itulah elemen garis yang dapat saya sharing di sini. Masih banyak sebenarnya garis-garis yang sudah dijepret, tetapi sudah kebanyakan ah.

Untuk melihat penampakan-penampakan Garis dapat dilihat di bawah ini.

{gallery}garis{/gallery}

*Semua foto adalah koleksi pribadi.

** Untuk melihat aspek teknis exif, dapat dilihat di properties foto.[harjasaputra]

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]