Connect with us

Filsafat

Bekerja Sebagai Hobi

Published

on

Ilustrasi: j3ffunk.blogspot.com

Suatu malam sebuah keluarga sedang nonton TV ..film horor..hollywood punya. Di tengah2 film sang istri bilang, "aneh ya kalau nonton film Barat kok kayak beneran..jauh dibanding nonton film buatan dalam negeri, keliatan banget sandiwaranya.." (tanpa ada maksud melecehkan perfilman dalam negeri lhoo..). Suaminya bilang, "Kuncinya satu sebetulnya…orang Barat biasanya melakukan pekerjaan bukan dipandang sebagai pekerjaan tetapi sebagai hobi".

Ketika pekerjaan dipandang sebagai pekerjaan, maka prioritasnya adalah target…yang penting pekerjaan selesai…tetapi ketika dipandang sebagai hobi..maka dilakukan dengan fun (senang)..maka prioritasnya bukan target tapi kepuasan..maka kualitas produknya sangat tinggi karena dilakukan dengan sukarela atau dengan sepenuh hati. Makanya film2 Barat (ini hanya contoh saja) sangat keliatan seperti nyata.

Inti dari percakapan ini, sudah bisa kita tarik benang merahnya…pandanglah pekerjaan bukan sebagai pekerjaan rutin yang harus diselesaikan tetapi pandang pekerjaan sebagai hobi yang dengannya dilakukan secara senang (tanpa paksaan) dan dilandasi dengan kepuasan…selamat bekerja.**[harja saputra]

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement
Klik untuk Berkomentar