Connect with us

Sosbud

Sembelih Ego dan Keserakahanmu!

Published

on

Ilustrasi: inilah.com

Sembelih kambing/sapi sembelih juga serakahmu. Ibrahim rela berniat sembelih Ismail, rela sembelih kecintaannya pada anak, rela sembelih ego. Digantikan oleh domba, karena lulus dari cobaan. Sahabat ternama, Umar sang faruq, lebih dahsyat lagi. Mengubur hidup anak wanitanya. Apakah itu berarti ia mengubur egonya? Itu tindakan jahiliyah.

Berkurban bagian dari ritual haji sebagai perjalanan manusia menuju Tuhan. Bagi yang tidak berhaji cukup berkurban. Bagi yang tidak berkurban cukup membantu yang berkurban. Bagi yang tidak membantu cukup tidak meminta. Bagi yang mengharap cukup menerima di rumahnya. Bagi yang tidak menerima di rumahnya cukup membeli sendiri daging di pasar.

Kurban adalah ritual simbol perjalanan manusia menuju manusia. Shalat, puasa, haji, adalah perjalanan dari manusia menuju Sang Pencipta, dan perjalanan manusia dengan Sang Pencipta. Selalu ada kemanusiaan dalam setiap ibadah. Tidak sempurna shalat sebelum mengucapkan salam keselamatan bagi manusia. Tidak sempurna puasa sebelum berzakat pada manusia. Tidak sempurna haji sebelum berkurban untuk manusia.

Mengelilingi kabah juga kemanusiaan. Mengelilingi pusaran peradaban. Melempar jumrah juga kemanusiaan. Melempar iblis di semua sendi kehidupan. Berontak pada ketidakadilan adalah melempar jumrah yang hakiki.

Memakai baju ihram juga kemanusiaan. Memakai baju diri asli bukan kedok yang menipu.**[harja saputra]

—————-

Inspired from book of Syariati, Ali. Haji. 4th edition. 2000.

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement
2 Comments
  • sangat menginspirasi,.. membantu dalam tahap pengembangan diri,..

  • Saputra

    @Yogi Riandi: Terima kasih, semoga bermanfaat