Connect with us

Nasional

Perbedaan Qur’an Syiah Dalam Foto

Published

on

Al-Quran syiah Iran (harjasaputra)

Merasa sedikit tergelitik membaca postingan yang terus memojokkan kelompok yang dianggap sesat (syiah) di Kompasiana pagi ini. Dalam tulisannya dengan judul yang terus terang mengatakan bahwa orang syiah menganggap al-Quran yang kini beredar di kalangan umat Islam adalah tidak lengkap. Atau dalam terminologinya “tahrif al-Qur’an”.

Saya menanyakan kepada penulis artikel: apakah sudah membaca atau melihat sendiri al-Qur’an orang syiah belum? Sajikan foto-fotonya kalau benar al-Quran orang syiah beda. Tidak ada jawaban, bahkan komentator lain yang mencoba membela pun malah menjawab dengan hal yang bukan-bukan. Tidak menjawab pertanyaan.

Pertanyaannya kini: Benarkah al-Qur’an syiah beda? Mari kita lihat penampakannya yang berupa foto-foto yang saya foto langsung. Seperti yang saya jabarkan dalam postingan sebelumnya (klik di sini) bahwa saya hidup dengan orang syiah bukan setahun dua tahun tapi separuh hidup saya dihabiskan bersama dengan orang syiah. Bahkan ayah saya sendiri adalah orang syiah. Kami hidup aman, damai, dalam satu atap meskipun ibu sunni dan kakak wahabi.

Foto di bawah (foto 2) adalah cover al-Quran cetakan syiah Iran. Terlihat bahwa al-Qur’an syiah Iran covernya lebih lux dan sangat rapi.

Foto di bawah (foto 3) secara jelas kita dapat melihat bahwa Qur’an syiah pun menggunakan khath Utsman Thaha, khath yang sama dengan Quran yang beredar di dunia Islam. Mengenai khath Utsman Thaha silahkan dicari di Google.

Foto di bawah juga (foto 4 dan 5) menunjukkan isi dari mushaf al-Qur’an syiah, yang dari segi kualitas kertasnya lebih tebal dan lebih bagus dari Qur’an cetakan depag-RI. Dari segi isinya silahkan baca sendiri, tak ada bedanya sama sekali.

Silahkan lihat fihrist atau daftar isi al-Qur’an syiah dari foto di bawah (foto 6). Apakah ada perbedaan? Awal surat al-Fatihah dan akhir an-Nas. Sama sekali tidak beda, sama, plek.

Jadi, yang mengisukan Qur’annya syiah beda silahkan lihat sendiri. Dan, saya sudah membandingkan Qur’an syiah dan Qur’an sunni ini sejak lama, karena penasaran juga, katanya beda tapi sudah bertahun-tahun membaca Qur’an syiah ini tak menemukan bedanya.

Jadi di mana bedanya Qur’an syiah? Ada bedanya sebenarnya antara Qur’an syiah dan Qur’an yang biasa kita baca, cetakan depag misalnya, yaitu: kertas dan cetakannya lebih bagus dan tebal dan covernya juga lux. Itu saja. Tak ada yang lain.**[harja saputra]

————-

*Selain foto-foto, untuk melihat versi digital/online Qur’an Syiah dapat dilihat di Link Ini. Silahkan bandingkan semua ayat-ayatnya dengan versi yang beredar di seluruh dunia Islam.

 

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement
2 Comments