Connect with us

Unik

3 Air Terjun Mistis di Kuningan Jabar

Published

on

Banyak destinasi wisata yang ada di Kuningan, Jawa Barat. Sebagai daerah yang berada di kaki gunung Ciremai, tempat wisata yang ada umumnya selain sebagai sarana piknik juga berfungsi sebagai tempat wisata magis. Selalu ada cerita mistis di lokasi-lokasi wisata di Kuningan.

Berikut ini adalah 3 air terjun (curug) yang ada di Kuningan, yang menyimpan cerita-cerita mistis:

1. Curug Bangkong

Curug Bangkong

Kenapa disebut Curug Bangkong? Bangkong dalam bahasa Sunda bermakna ‘Kodok’. Apakah air terjunnya seperti kodok bentuknya? Bukan.

Air terjun yang berlokasi di Desa Kertawirama, Kec. Nusaherang, tak jauh dari lokasi wisata Waduk Darma ini disebut Curug Bangkong karena berdasarkan cerita rakyat atau mitos, mungkin bisa juga disebut folklore (cerita rakyat) yang beredar di masyarakat sekitar curug ini. Dulu ada tokoh pertapa yang tirakat di dekat curug. Tokoh ini selain bertapa juga bergaul dengan masyarakat sekitar. Namun kemudian ketika ia memutuskan untuk bertapa kembali lalu menghilang tanpa jejak. Masyarakat kemudian sering mendengar suara kodok yang nyaring dari curug tersebut. Maka, mitos pun menyebar bahwa tokoh pertapa berubah menjadi bangkong (kodok). Dan, air terjun itu pun dinamakan “Curug Bangkong”.

Air terjun ini memiliki ketinggian 23 meter dan airnya sangat deras dan keruh. Airnya mengalir ke sungai-sungai dan digunakan oleh warga untuk mengairi sawah.

2. Curug Sidomba

Curug Sidomba3

Air terjun yang lain berada di kecamatan Jalaksana, Kuningan. Dari kota, jarak tempuh ke lokasi ini kurang lebih 30 menit. Di hari libur tempat ini ramai dikunjungi.

Air terjunnya sendiri tidak sederas seperti di Curug Bangkong, yang terkesan sepi pengunjung, di Curug Sidomba bahkan air terjunnya sangat tipis dan hanya setinggi 3 meter. Namun airnya sangat jernih dan luar biasa dingin. Lantas kenapa ramai dikunjungi? Ini terkait kepercayaan atau mitos, bahwa jika cuci muka di curug ini akan dimudahkan segala macam urusan: dari rejeki, jodoh, dan sebagainya.

Curug Sidomba4

Curug Sidomba2

Terdapat kran khusus bagi pengunjung untuk mencuci muka. Kuncen atau penjaga curug akan membacakan bacaan-bacaan tertentu di saat memberikan air curug untuk dijadikan cuci muka. Entah dari mana kepercayaan ini bermula. Dari namanya sendiri, Curug Sidomba berarti dulunya adalah tempat pangangonan (penggembalaan) domba. Patung domba pun berdiri besar di gerbang Curug Sidomba.

3. Curug Putri

Curug yang ketiga berikut berada di Palutungan, di Kecamatan Cigugur. Jalan menuju tempat ini berkelok dan menanjak, seperti menaiki gunung, karena memang lokasinya tepat di kaki gunung Ciremai. Palutungan, dalam bahasa Sunda berarti sarang monyet.

Selain digunakan sebagai bumi perkemahan, di lokasi wisata palutungan ini ada beberapa air terjun. Yang paling dekat adalah Curug Putri. Adapun yang jauh ada curug Mangkok.

Dulu saya pernah ke curug ini dan juga pernah membuat tulisan tentang ‘penampakan putri’. Sebetulnya bukan penampakan, tapi karena memang curugnya menyerupai Putri. Apalagi jika dijepret dengan slow speed akan terlihat jelas ‘penampakan putrinya’, seperti foto berikut:

Curug Putri2

Curug putri4

Air terjun di Curug Putri ini sangat jernih dan katanya juga memiliki khasiat mistis, yaitu mempermudah jodoh. Namanya juga katanya. Ketinggian air terjun cukup tinggi sekitar 40 meter. Badan akan menggigil ketika dekat dengan curug ini karena sangat dingin.

Curug Putri1

Di hari libur, curug ini banyak dikunjungi oleh kaum muda yang sekadar berfoto, jalan-jalan sekalian cari gebetan, atau keluarga yang sengaja mampir untuk berwisata. Selain alamnya yang asri, di tempat ini ada banyak makanan dijual, seperti jagung bakar sebagai makanan khasnya. Tertarik untuk berkunjung? Silahkan.**[harjasaputra]

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement
9 Comments
  • Klau perkiraan jalan kaki brpa waktu yg kita tempuh dri pos perhentian terakhir?

  • Harja Saputra

    @Kresna: Untuk ke air terjun Putri? sangat dekat dengan tempat parkir. Jalan kaki hanya 5 menit.

  • Tiket masuk di air terjun putri bgmn? Apa ada retribusi masyarakat? Jika membawa rmbongan 2 bus misalkan.

  • Harja Saputra

    Tiket masuk ke air terjun Putri kalau untuk mobil saya lupa, antara 10-20 ribu.

  • Pak Harja, saya mau nyoba ke sini deh liburan akhir thn bsk hehe

  • Harja Saputra

    @Mbak Aryani: Mantap, taun baruan di curug dong..

  • ihhh aku udah ke sidomba sama ke curug putri disana saya melihat ada intumins sereeem hihi

  • Mantap semoga menjadii referensi buat yg blm berkunjung

  • Slam alhabshi

    Saya tertarik pada curug putri.
    Apakah d curug putri weekday banyak pengunjung?