Connect with us

IPTEK

Cara Hilangkan Malware Widdit dan Installhit

Published

on

Ilustrasi: ifcamedia.org

Setelah sekian lama heran dengan kinerja browser Firefox dan Chrome yang mendadak menjadi sangat lambat, kini saya tahu apa sebabnya. Ternyata ada malware yang menyusup pada plugins browser tersebut. Dalam posting ini akan di-share bagaimana menghilangkan malware yang menyerang pada browser Anda, terutama malware widdit dan installhit.

Sebelumnya, saya sempat heran kenapa browser di saat membuka web milik saya: www.harjasaputra.com kok lama banget loadingnya. Browser terus loading lama sekali, tidak selesai-selesai membuka halaman, baik halaman home maupun halaman tulisan. Setelah saya perhatikan di process bar bagian bawah kiri browser ternyata browser terkoneksi ke installhit.com dan sangat lama. Langsung saja saya berpikir bahwa ada penyusup masuk ke web saya. Dicari-cari barangkali ada module atau plugin yang terinfeksi spam atau malware ternyata tidak didapat script yang mengacu ke installhit.com. Wah, lantas darimana browser loading installhit.com? Sehari-dua hari saya biarkan sampai berbulan-bulan.

Lantas seminggu yang lalu saya buka halaman kompasiana.com dan kompas.com dan beberapa situs berita online, tapi ternyata hal yang sama terjadi. Browser lama membuka laman yang dimaksud dan masih me-loading ke installhit.com. Akhirnya saya berkesimpulan bahwa installhit.com bukan menjangkit ke script halaman web tapi malware yang menempel ke browser. Berhari-hari mencari jawaban bagaimana menghilangkan installhit dari browser masih belum ketemu juga.

Akhirnya kemarin, tepatnya hari Kamis (29/11/2012) saya memperoleh jawabannya setelah mampir ke beberapa forum internasional yang membahas mengenai malware. Hal yang sama dialami oleh banyak orang di beberapa negara. Gejalanya sama: browser lama me-loading suatu halaman dan nampak terhubung ke installhit.com. Ada lagi yang mengalami hal serupa tapi yang muncul adalah widdit.com. Dua alamat itu dipastikan adalah malware yang menyusup ke browser.

Bagaimana cara menghilangkannya? Ternyata sangat simpel. Widdit dan Installhit hinggap di plugins Firefox dan Chrome yang bernama Complitly. Pada browser IE setelah saya coba plugin ini tidak ada.

Dalam posting ini saya sajikan gambar cara menghilangkannya dari browser Chrome. Hal yang sama dapat diterapkan pada browser Firefox. Lihat gambar di bawah ini:

1. Buka Menu pada Chrome, Alat / Tool, Ekstensi

2. Cari plugin yang namanya: Complitly.

3. Non-aktifkan plugin dengan cara hilangkan centang pada plugin di kolom yang tersedia.

4. Restart Chrome dan silahkan cek ulang apakah plugin sudah non-aktif atau tidak.

5. Buka halaman web dan lihatlah browser tidak lagi me-loading installhit.com atau widdit.com

Simpel kan? Semoga bermanfaat.**[harjasaputra.com]

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

Advertisement
Klik untuk Berkomentar