Harja Saputra Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: aku@harjasaputra.com

Gara-gara si Donting Akhirnya Saya Talak Tiga Bolt

1 min read

Ilustrasi: tekno.kompas.com

Mulai 10 Februari 2015 lalu, Bolt menerapkan sistem bonus kuota yang namanya "DONTING". Apa tuh Donting? Doyan Dibanting? Bukan. Donting adalah "Donload Tinggal Tidur". Paket yang aneh, Bolt ikut-ikutan provider senior lain yang doyan ngasih PHP alias harapan palsu. Ngasih bonus tapi cuma bisa dinikmati dari jam 01.00 malam sampai jam 08.00 pagi. Emang semua orang kalong gitu..harus pakai internet jam segitu.

Coba nih lihat paket Donting saya sudah menumpuk, hingga puluhan Giga Byte, mubadzir jadinya tidak digunakan:

25 GB kan lumayan bisa dipakai buat beberapa hari kalau dipakai di jam normal. Dulu, sebelum diberlakukan paket bonus Donting, beli pulsa 100 ribu bisa terpakai hingga 1 minggu, sekarang 100 ribu cuma kepake 3 hari. Sisanya mengendap ke donting..dontiiiing maniiing donting maning.

Donting juga mengandung banyak jebakan. Disebutkan bahwa masa berlaku bonus Donting adalah 30 hari. Lah coooy, mikir dong kan kalau sudah jam 01.00 berarti jika pada hari ketiga puluh sudah masuk ke hari ke-31. Berarti otomatis masa bonus juga berkurang 1 hari. Cuma 29 hari jadinya. 

Bolt dengan sendirinya menggali lubang kubur sendiri, menunggu konsumen kabur baru akan ambil hikmahnya. Seperti saya akhirnya harus kembali ke pangkuan si Unlimited "SPEEDY".

Meskipun dengan kekurangan Speedy tidak bisa dibawa kemana-mana, tetapi dibanding harus di-PHP-in oleh si Donting Bolt, saya lebih baik bermesraan kembali dengan SPEEDY. Untuk saat ini, SPEEDY is the best. Tak ada lawan, ini bukan promosi lho ya…murni pengalaman konsumen yang sudah melanglangbuana dari pangkuan satu provider ke banyak provider internet lain. Dari berbagai pengalaman yang dirasakan hanya si merah SPEEDY yang masih worthed. Nyaman di kantong, nyaman di kinerja, dan tentunya BUMN coy. Itung-itung ikut kontribusi biar Dividen Telkom lebih besar ke negara, kan kalau lebih besar dividen Telkom, subsidi untuk rakyat miskin juga lebih banyak. 

Teknologi 4G yang diusung Bolt awalnya saya nyaman karena berselancar menjadi cepat. Dengan adanya Donting cepat sih cepat, tapi ruang gerak dibatasi secara sangat ketat. Ibarat kata nih, mobil balap dengan kecepatan hingga 300 km per jam tapi cuma dikasih bahan bakar cuma 5 liter, sekali gas langsung habis.

Dulu Bolt juga sempat diprotes oleh banyak konsumen di saat menurunkan kuota. Akhirnya Bolt kembali memberikan bonus kuota, konsumen diam. Sekarang konsumen Bolt akan kembali meradang gara-gara si Donting.

Bertobatlah para Bolters, kembalilah ke jalan yang benar..!**[harjasaputra] 

Subscribe my newsletter!

#kami tidak akan kirim spam

Harja Saputra Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: aku@harjasaputra.com
anesa nisa 2015-03-04 14:59:42
| |

Aku juga sebulan ini make bolt. Hasil dr chating kemarin sama si om. Laluuuu sebulan udah 2x ngisi aja gitu, pdahal dipake ngeblog aje, sesekali yutub. Itu pun jarang beut. daaaaann anak buah laki ejkeh jg bilang, make bonusnya abjs tahajud aja. HAAAAAAAAHH? *kalo kata Bang Ochid* Yang baru ada playmedia, om dari MNC. Saingan first media. di kantor laki ejke si bagus katanya.

Saputra 2015-03-05 02:47:16
| |

Hahhaa..abis tahajud baru internetan? Ngerjain emang Bolt..pake Speedy deh skrg aman terkendali... Thx komennya...

Choirul Huda 2015-03-05 05:27:37
| |

iya pak, mubazir juga kalo cuma dipake malam kecuali emang kalong -bukan kampret :)- hehehhe baca artikel ini jadi bikin saya mikir juga buat nentuin pilihan...

Saputra 2015-03-05 09:08:54
| |

@bang Chairul: Nah itu..daripada beli pulsa terus ga bisa dipake mending yg pasti2 saja...

Teguh 2015-03-14 04:08:17
| |

Ada yang lebih aneh (curang) lagi. Coba deh lihat Info Layanan lalu cek pemakaian dari tanggal seminggu sebelumnya sampai tanggal hari ini. Perhatikanlah jam di tanggal disaat kita menggunakan paket Donting (Pukul 01.00 s/d 08.00 WIB). Disana kita akan melihat yang terpotong masih Kuota Utama kita bukan kuota DONTING.

Saputra 2015-03-14 12:59:30
| |

@Mas Teguh: Waah..gawat kalo yg terpotong bukan kuota donting tp di masa bonus donting..penasaran juga. Tar saya buktikan juga ah. Thx. Harja Saputra

chrys 2015-03-16 08:22:42
| |

Pas banget kayanya paket donting ini, pas batre modemnya bermasalah, pas paket ini ada, gak jadi beli batre, waktunya balik lagi ke provider lama :)

Saputra 2015-03-16 13:20:46
| |

@Chrys: Nah betul itu, berarti sudah waktunya bertobat beralih ke provider lama..hahha

kim 2015-03-28 17:27:42
| |

ane juga selama ini isi yang 150rb karena tertarik sama bonusnya (sebelum tau kalo bonus itupun ternyata hasil kenaikan tarif diem2).. tapi ane ga ngeh..koq ada muncul tulisan donting..n sudah berapa kali isi quota koq donting ini awet bener..Kagak abis2 padahal quota utama ud abis, malah nambah mulu..ane ampe nanya cara gunain donting ini, trus juga complen ke boltcare..ga digubris..buka google..baru tau artinya.. quota donting itu rupanya jatah yang dikasih bolt khusus untuk penunggu rumah ane buat eksis pas lewat tengah malem..kasian kita doank yang eksis..ternyata bolt sangat perhatian pada makhluk alam lain yah.. so swit..

Saputra 2015-03-29 17:06:07
| |

@Kim: nah itu..so swit banget. Donting oh donting..hahha

user 2015-03-31 07:38:09
| |

wah gan mending pake buang pake buang aj gan kgk rugi, ane sudah buktiin memuaskan, selamat tinggal dounting bolt

Saputra 2015-04-01 08:54:31
| |

@User: Pake buang berarti modemnya juga dibuang gan maksudnya?

kenzo 2015-04-08 16:08:52
| |

Kouta donting gw 56Gb nganggur anjing... kalo sdh kelar quoya ini modem tinggal di unlock trus ganti pake 3.. FUCK BOLT...

Saputra 2015-04-08 19:51:24
| |

@kenzo: wedeeh 56GB...sayang banget tuh..

boy 2015-04-10 03:12:26
| |

gw udh ora pengen pisan pake bolts>>>>>>bolts gw kmaren udh gw rongsokin laku 7500 perak........