Connect with us

IPTEK

Penguat Sinyal HP dengan Toples Kaca

Published

on

Eksperimen penguat sinyal HP dg toples kaca (harjasaputra)

Ide ini diperoleh secara iseng ketika pulang ke kampung halaman istri di Desa Tugumulya, Kec. Darma, Kuningan Jabar. Sudah kebiasaan kalau pulang ke kampung istri pasti HP tak dapat sinyal karena tempatnya dikelilingi oleh bukit. Maklum di hutan. Sinyal yang ada di tempat itu hanya SIMCard dari provider XL, yang lain zero signal. Sementara perangkat modem dan BB saya menggunakan provider Three dan Telkomsel.
 

BB dua hari saya matikan karena dihidupkan pun terus saja searching signal yang menyebabkan boros batre dan BB menjadi panas. Lama-kelamaan bosan juga yang biasanya browsing, ngompasiana, ikut diskusi di grup FB, sekarang seperti terasing dari peradaban. Akhirnya cari cara agar dapat sinyal. Sudah manjat ke tempat jemuran di atas genting tetap saja.

Percobaan 1: saya teringat posting Mas Adam di Kompasiana yang mengulas cara meningkatkan sinyal modem dengan menggunakan media gelas kaca. Iseng-iseng saya ambil gelas. Waduh, masalah muncul karena di posting mas Adam handset gadget dimasukkan ke dalam gelas, sedangkan BB tak muat di gelas. Akhirnya saya tempelkan di pinggir gelas. Menunggu beberapa saat masih tak dapat sinyal (foto No.2).

Percobaan 2: saya lihat ada toples kaca yang jika dilihat terbuat dari material yang sama dengan gelas. Langsung toples itu diambil dan BB dimasukkan ke toples. Eureka!! sinyal dapat 2 bar. Masih tak puas dengan sinyal 2 bar, saya copot casing tambahan atau kondom BB lalu dimasukkan kembali. Ditunggu sejenak dan dapat sinyal 3 bar (seperti terlihat pada gambar no.3).

Percobaan 3: Sekarang sinyal sudah dapat 3 bar, lumayan saya pikir, tapi masalahnya bagaimana kita bisa menggunakan sementara BBnya di dalam toples. Ah coba dikeluarkan dan ditempelkan saja ke toples. Ajaibnya sinyal malah stabil di 4 bar. Dan, yang terpenting, BB bisa digunakan untuk lihat pesan-pesan yang masuk dan beraktivitas seperti biasa (foto nomor 4 dan 5).

Apakah percobaan selesai? Selesai jika tujuannya mendapatkan sinyal, tempel saja BB atau HP ke toples kaca dan sinyal akan didapat! Tapi saya belum puas, karena masih menyisakan pertanyaan: kasus di atas adalah pada operator telkomsel dan perangkat BB, bagaimana jika perangkatnya HP biasa dan operator berbeda, apakah akan berfungsi sama ataukah tidak? Jika sama, berarti kesimpulannya yaitu toples kaca dapat menjadi penghantar atau penguat sinyal.

Pada tahap percobaan terakhir saya ambil HP biasa dengan operator yang berbeda dari sebelumnya, kali ini digunakan operator XL, yang awalnya tanpa media toples kaca sinyal di HP dapat 1 sampai 2 bar (foto nomor 6 dan 7).

Seperti terlihat pada gambar 6 dan 7 (sengaja saya foto semua tahapnya dengan lensa makro agar jelas) dengan menggunakan perangkat HP biasa dan operator berbeda, sinyal awal 1 bar paling banter 2 bar, sekarang stabil di 4 bar. Itu artinya kesimpulan saya bulat: toples kaca dapat dijadikan sebagai penguat atau penghantar sinyal HP.

Seperti dijelaskan juga dalam artikel Mas Adam dan hasil dari penelusuran ke beberapa situs, kenapa itu bisa terjadi? Itu karena bahan pembuatan gelas maupun toples kaca adalah dari Silica atau SiO2. Bahan yang sama yang juga digunakan di serat Fiber Optik (FO).

**

Penemuan iseng ini lalu saya tulis singkat di status BB banyak yang nanya seolah tak percaya, kata saya silahkan dicoba.

Istri saya malah sempat menertawakan, ah memang iya? “Waduh dirimu meragukan suami sendiri. Ya coba saja”, kata saya. BB miliknya yang ber-SIMCard XL pertama-tama dijauhkan dari toples kaca hanya dapat 1 bar, lalu ditempelkan ke toples kaca langsung dapat 3 bar dan kemudian bergeser dan stabil di 4 bar. Sinyal 4 bar dengan kualitas data GPRS/EDGE di kampung tengah hutan luar biasa lho, seperti kembali lagi ke peradaban..**[harja saputra]

Image Gallery:

{gallery}sinyaltoples{/gallery}

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]