Connect with us

Rekor Saya Selama Menulis: Hoax Penampakan Hantu di Mobil Saipul Jamil Pasca Kecelakaan

Unik

Rekor Saya Selama Menulis: Hoax Penampakan Hantu di Mobil Saipul Jamil Pasca Kecelakaan

Inilah rekor saya dalam menulis selama ini: tulisan saya di Kompasiana diklik oleh pengunjung sebanyak 63.000 klik (dan prediksi saya akan terus bertambah), dishare ke FB sebanyak 462 kali dan di-tweet oleh 24 tweets, dan menjadi topik hangat di forum Kaskus. Banyak dikutip juga oleh banyak blog. Bahkan dikutip juga oleh situs berita ternama seperti OMG Yahoo.com dan Kapanlagi.com.

Fantastis, padahal cuma nulis masalah gosip: Hoax penampakan hantu di mobil Saipul Jamil Pasca Kecelakaan yang kini sudah beredar luas. Sampai-sampai Roy Suryo saja turun tangan. Roy Suryo kalah cepat oleh saya: saya sudah memposting bahwa itu HOAX pada pukul 02.04 WIB (05 Sept 2011), sementara Roy Suryo baru berkomentar sore hari pukul 16.00-an WIB (dikutip oleh inilah.com). Tulisan itu di Google mendapat peringkat teratas, karena menyajikan analisis pertama kali sebelum beredar luas dan banyak disoroti media saat ini. Inilah analisis saya.

“All, zoom sebanyak-banyaknya dan perhatikan gambar di jok belakang mobil Saiful Jamil itu. Ada penampakan hantunya (perhatikan wajah muka misterius di jok belakang)…!!”

Begitulah bunyi pesan di beberapa forum Blackberry Messenger (BBM). Di beberapa forum dan website pun tersiar kabar serupa. Ini adalah contoh link dari website yang ter-record oleh google dengan kata kunci “penampakan hantu di mobil Saiful Jamil” : http://besteasyseo.blogspot.com/2011/09/foto-penampakan-wanita-di-mobil-saipul.html. Di website itu tidak digambarkan secara jelas di mana rincian penampakannya. Penulisnya juga meragukan kabar itu.

Saya penasaran, berusaha mencari informasi yang sebenarnya: apakah betul ada penampakan itu atau sekadar hoax. Dengan berbekal pengetahuan pada software Adobe Photoshop saya berusaha menzoom sampai pada titik maksimal. Terus memelototinya tiap susunan pixel pada foto itu. Kurang lebih 30 menit menghabiskan waktu untu itu. Tapi nihil, tidak ada penampakan itu. Saya perbesar lagi di bagian yang katanya penampakannya di jok belakang. Tapi tetap tidak dapat menemukannya.

Perhatikan foto di atas hasil penelusuran saya yang saya bikin keterangannya agar mempermudah pemahaman. Di foto itu meskipun dizoom seberapa kalipun tidak akan nampak penampakan dalam bentuk orang. Ada sedikit tapi setelah saya perbesar itu hanya ruang celah jendela kiri mobil dipadu dengan hijau dari pepohonan di samping jalan.

Akhirnya saya menyimpulkan bahwa pesan berantai itu adalah “HOAX”. Jangan mudah percaya pada pesan ini jika Anda menerimanya.

Ada-ada saja memang ulah orang. Orang lagi musibah kecelakaan, mbok ya didoakan agar ditabahkan, eh ini malah nyebar yang macam-macam. Menulislah yang bermanfaat bagi orang lain. Sajikan data yang lengkap, jangan sepotong-potong. Apalagi yang disebarkan hanya kabar bohong. Harga bandwidth dan pulsa sudah mahal, nulis kok yang bohong. “Lho, ini juga bermanfaat untuk dunia per-isu-an..”..bermanfaat opone..kalau betul ada bisa jadi bermanfaat, orang tidak ada apa-apa kok. Nyebut-nyebut…jaman opo iki rek..**[harja saputra]

————-

Tambahan info: posting ini dimuat pada jam 02-an. Pagi ini jam 07-an saya cek, isu penampakan ini makin heboh dan sudah meluas kemana-mana. Ke forum kaskus, bahkan Profesor Blogernas (EA) pun menyinggung isu ini. Isunya bahkan sudah bertambah, penampakan itu menyerupai wajah Virginia, istri Saiful Jamil..hallaaah, isu apa lagi ini..semoga posting ini dapat dijadikan rujukan bahwa itu semua HOAX bin palsu binti bohong.

Tulisan semula dipublish di Kompasiana: http://unik.kompasiana.com/2011/09/05/hoax-penampakan-hantu-di-mobil-saiful-jamil-pasca-kecelakaan/

Blogger | Serverholic | Dua Anak | Satu Istri | Kontak: [email protected]

KOMENTAR

To Top